Bahan-bahan yang Wajib Ada di Produk Rambut Kaya Protein dan Melembapkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memilih produk rambut. Foto: Freepik.com

Ilustrasi perempuan memilih produk rambut. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di ulasan kecantikan atau beauty sebelumnya diulas pentingnya komponen protein dan melembapkan untuk menjaga kesehatan rambut. Protein berperan untuk menjaga kekuatan dan struktur rambut, sementara kelembapan bertanggung jawab atas porositas serta elastisitas rambut. Nah, jika rambut kamu alami kekurangan protein dan melembapkan, memilih produk rambut yang sesuai masalah rambut salah satu langkahnya.

Oiya penggunaan produk rambut kaya protein atau kelembapan secara tepat dapat membantu, tetapi jangan berlebihan karena berbahaya. Berikut bahan-bahan yang perlu ada saat kamu mencari produk rambut kaya protein dan melembapkan menurut dokter Isfahan Chambers-Harris, peneliti medis, praktisi trikologi, dan pendiri Alodia Hair Care.

Bahan yang Wajib Ada di Produk Rambut Kaya Protein

Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kamu cari saat mengatasi kekurangan protein dan fungsinya.

1. Keratin

Keratin membentuk sekitar 90 persen dari struktur rambut. Menerapkan protein primer ini secara topikal membantu mengisi kembali apa yang hilang, memperkuat poros rambut, mengurangi kerusakan, dan mengembalikan elastisitas.

2. Hydrolyzed Wheat Protein

Bahan ini membangun kembali kekuatan rambut dengan mengikat protein alami. Kandungan ini mengisi bintik-bintik lemah dan celah dalam kutikula serta dapat meningkatkan retensi kelembapan, menambah volume juga kehalusan.

3. Hydrolyzed Silk Protein

Protein ini berasal dari sutra ulat sutera. Bahan ini mengandung serikin dan fibroin yang merupakan asam amino yang dapat terikat dengan keratin rambut dan membantu membangun kembali penghalang pelindung.

4. Asam Amino

Asam amino dapat menembus poros rambut dan membangun kembali struktur protein yang rusak, juga meningkatkan ketahanan rambut terhadap kerusakan di masa depan.

5. Kolagen

Kolagen adalah protein yang ditemukan di kulit dan jaringan ikat, termasuk kulit kepala. Menambahkan bahan ini ke dalam rutinitas perawatan rambut kamu akan mempromosikan lingkungan yang sehat untuk pertumbuhan dan menambahkan film pelindung di sekitar setiap helai untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas.

Bahan yang Wajib Ada di Produk Rambut yang Melembapkan

Saat mencari produk rambut untuk menambahkan kelembapan kembali ke rambut, Dr. Chambers-Harris menyarankan untuk mencari bahan-bahan di bawah ini.

1. Hyaluronic Acid

Zat yang terjadi secara alami ini ditemukan di kulit dan jaringan ikat memiliki sifat retensi air yang kuat dan dapat menampung hingga 1.000 kali beratnya dalam air. Hal itu menjadikannya humektan yang sangat baik (zat yang menarik kelembapan dari lingkungan ke rambut).

2. Aloe Vera

Getah seperti gel tanaman ini kaya air, vitamin, mineral dan enzim, yang semuanya membantu rambut mempertahankan kelembapan. Karena sekitar 98 persen air, bahan ini adalah hidrator alami yang akan langsung mengisi kembali.

3. Glycerin

Humektan alami ini berasal dari minyak tumbuhan atau lemak hewani. Gliserin atau glycerin menarik kelembapan dari udara dan mengikatnya ke rambut untuk membantu menjaga hidrasi serta mencegah kerusakan rambut.

4. Madu

Madu adalah agen pelembap yang hebat, mengikat kelembapan di helaian rambut yang mirip dengan gliserin. Madu juga menghaluskan poros rambut dan menyegel kelembapan, menghasilkan rambut yang lebih lembut serta lebih bersinar.

Ingatlah, ada sejumlah cara untuk mengatasi kekurangan protein dan kelembapan di rambut. Selain memakai produk di atas, mengurangi penggunaan alat styling rambut yang berlebihan, memangkas ujung rambut, dan mempertahankan diet sehat akan memengaruhi keseimbangan kelembapan dan protein di rambut.

Pilihan Editor: Ketahui Serba-Serbi Perawatan Keratin untuk Rambut Berkilau

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."