Benarkah Daun Pepaya Bisa Menjadi Botox Alami? Ini Penjelasan Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kulit wajah lembap. Foto: Freepik.com/Benzoix

Ilustrasi kulit wajah lembap. Foto: Freepik.com/Benzoix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang percaya dengan pengobatan rumahan karena ramah di kantong dan tidak menimbulkan efek samping apa pun. Namun, para ahli mengimbau agar berhati-hati karena semuanya mungkin tidak cocok untuk semua orang. pelatih yoga Mansi Gulati, penggemar perawatan kulit alami, menyatakan bahwa daun pepaya hijau sejuta kali lebih kuat daripada botox.

"Daun pepaya hijau menghilangkan kerutan dan garis-garis halus secara instan, jerawat, warna kulit tidak merata, dan pigmentasi. Ini adalah salah satu pengobatan terbaik,” kata Gulati.

Menurutnya, yang perlu Anda lakukan hanyalah mencelupkan daun pepaya hijau ke dalam air selama 15 menit. Kemudian, giling dan tambahkan dadih dan sejumput kunyit. “Terapkan untuk transformasi yang cantik,” kata Gulati.

Dr Karuna Malhotra, seorang dokter estetika dan ahli kosmetik di Cosmetic Skin and Homeo Clinic Rajouri Garden, New Delhi, mengatakan bahwa membandingkan pepaya hijau dengan botox adalah “penyederhanaan yang berlebihan,” karena keduanya berfungsi dengan cara yang sangat berbeda.

Mekanisme: Botox (toksin botulinum) bekerja dengan melumpuhkan otot untuk sementara. “Biasanya digunakan dalam dermatologi kosmetik untuk mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan dengan mencegah kontraksi otot yang menyebabkannya,” kata Dr. Malhotra.

Efek:  Botox memberikan hasil yang cepat dan sementara, biasanya bertahan selama 3-6 bulan, dengan pengurangan signifikan pada kerutan dinamis (yang disebabkan oleh gerakan wajah).

Prosedur: Ini adalah perawatan suntik yang dilakukan oleh para profesional dengan waktu pemulihan yang minimal.

Daun Pepaya Hijau:

Mekanisme: Pepaya hijau kaya akan enzim seperti papain, antioksidan, dan vitamin A, C, dan E. Komponen-komponen ini membantu dengan:

Pengelupasan: Papain memecah sel-sel kulit mati, mendorong pembaruan kulit.

Efek antioksidan: Vitamin C dan antioksidan lainnya memerangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap penuaan kulit.

Hidrasi dan pencerahan: Nutrisinya dapat membantu meningkatkan tekstur, hidrasi, dan kecerahan kulit.

Efek: Daun pepaya hijau bermanfaat bagi kesehatan kulit saat digunakan secara topikal atau dikonsumsi, "tetapi efeknya halus dan kumulatif dari waktu ke waktu." "Itu tidak dapat menargetkan kerutan yang dalam atau memberikan hasil yang langsung dan dramatis seperti Botox," kata Dr Malhotra.

Meskipun daun pepaya hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit karena "sifat pengelupasan alami dan antioksidannya," daun ini tidak bekerja seperti Botox dan bukan pengganti prosedur medis. "Botox menargetkan kerutan yang berhubungan dengan gerakan otot, sedangkan pepaya hijau membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit secara keseluruhan," kata Dr. Malhotra.

Pilihan Editor: Curhat Simone Biles, Atlet Senam Olimpiade Paris 2024 yang Coba Suntik Botox

Indian Express

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."