Bingung Baju Warna Biru Cocok dengan Warna Apa? Ini 8 Pilihannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Victoria Beckham memakai baju biru kombinasi celana merah. Foto: Dok. The Telegraph/Instagram).

Victoria Beckham memakai baju biru kombinasi celana merah. Foto: Dok. The Telegraph/Instagram).

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam psikologi, arti warna biru mencakup rasa percaya, kecerdasan, dan ketenangan. Sehingga, kerap digunakan pada ruang untuk mendukung konsentrasi penuh dan tenang. Maknanya juga erat dikaitkan dengan rasa sejuk dan aman, membantu mental dan fisik kita jadi lebih rileks.

Dikutip dari Knitto Textile, pilihan nuansa biru pada busana dapat membawa pengaruh positif jika digunakan dengan bijak. Misal, jika Sahabat Cantika ingin meningkatkan produktivitas dan kreativitas, gunakan warna biru muda. Ini cocok dipakai untuk rapat bulanan, menghadiri acara sebagai narasumber, atau kesempatan-kesempatan lainnya untuk kegiatan diskusi aktif dalam satu ruangan.

Di sisi lain, biru tua sering dianggap bisa mendorong rasa percaya diri serta lebih dipercaya oleh orang lain. Maka, gunakan untuk bekerja di bidang jasa atau service, wawancara kerja, atau acara-acara yang memiliki potensi business opportunity.

Nah, Sahabat Cantika bingung menentukan warna biru cocok dengan warna apa? Yuk, simak 8 pilihan berikut ini agar tampilanmu semakin keren!

1. Ungu

Perpaduan Lilac dan Biru. Foto: Shopbsen.off-69.gq.

Ungu adalah hasil dari pencampuran merah dan biru, sehingga menghasilkan kontras yang manis saat dipadukan dengan warna yang masih dekat dengannya. Berikut warna yang cocok dengan biru:

Biru Langit dan Lilac: Shade cerah dan segar ini dapat menyeimbangkan warna ungu lembut dengan sempurna.

Navy dan Ungu Gelap: Cocok untuk tampilan lebih klasik dan elegan.

Biru Turquoise dan Lavender: Memberikan kesan tropis menyenangkan.

Biru Elektrik dan Violet: Untuk nuansa lebih segar dan manis.

2. Abu Abu

Perpaduan ini memiliki panjang gelombang yang mirip, walau kesannya berbeda. Biru terkesan lebih dingin dari abu-abu yang hangat.

Namun, perpaduan ini disukai untuk kondisi-kondisi yang menuntut kamu harus tampil formal. Berikut perpaduan warna biru dan abu-abu:

Biru Elektrik dan Silver: Perpaduannya bisa membuat kamu tampil menonjol dan chic.

Biru Langit dan Abu-abu: Memberikan suasana menyegarkan dan tenang, memberikan kesan lapang dan nyaman.

Biru Turqoise dan Abu-abu Charcoal: Keduanya cenderung pekat, saat dikombinasikan bisa memberikan tampilan dinamis dan penuh energi.

Biru Denim dan Abu-abu Gelap: Ketika digabungkan, ada balance sempurna antara nuansa hangat dan tenang, cocok untuk pakaian formal tapi tetap terlihat nyaman.

3. Kuning

Perpaduan warna biru langit dan kuning pastel. Foto: Dok. Mitramulia.com

Perpaduan ini cukup populer, lho, Sahabat Cantika! Tidak hanya karena terlihat cantik saat dipandang, namun juga memberi kesan nyaman tanpa terlihat terlalu dingin di ruangan. Berikut kombinasinya, bisa kamu coba:

Biru Langit dan Kuning Pastel: Duo lembut ini memberikan suasana segar dan ceria. Cocok untuk dipadukan dengan jilbab putih atau abu-abu muda untuk look yang lebih lembut.

Biru Dongker dan Kuning: Terlihat elegan dan playful, kombinasi ini cocok untuk acara semi-formal.

Biru Candy dan Kuning Neon: Memberikan kesan sangat berani dan energetik, ideal untuk tampil jadi pusat perhatian.

Royal Blue dan Gold: Mewah, kombinasi ini cocok untuk acara khusus yang membutuhkan sedikit kecerahan dan kemegahan. Misalnya saat merayakan hari Lebaran.

4. Merah

Keduanya warna primer, kerap digabungkan untuk mendapatkan warna turunan dan sudah cantik saat dipakai sendiri, dan lebih menarik ketika digunakan bersamaan. Contoh kombinasi yang cocok:

Navy dan Merah Marun: Cocok untuk tampilan malam formal karena kesan elegan yang ditampilkannya. Untuk pria, setelan navy dengan dasi merah marun bisa menjadi pilihan.

Biru Langit dan Merah Cerah: Memberikan energi positif, cocok dipakai untuk acara outdoor, atau kumpul-kumpul santai. Tambahkan aksesoris netral untuk menyeimbangkannya.

Cobalt Blue dan Nude Red: Playful dan modern, dengan sentuhan yang lembut. Ideal dipakai untuk sehari-hari atau pergi ke pameran seni.

Biru Teal dan Merah Burgundy: Warna pekat dan memberikan kesan anggun. Kamu bisa memilih kemeja atau blouse netral seperti putih atau abu-abu jika memilihnya untuk layering.

5. Hijau

Perpaduan biru toska dan hijau. Foto: istimewa.

Biru dan hijau sering ditemukan di alam, sehingga menggunakan kombinasinya dapat memberi angin segar atau rasa damai pada pemakai atau pelihatnya. Berikut beberapa rekomendasi padupadannya:

Navy dan Forest Green: Paduan keduanya sama-sama pekat, cocok untuk tampilan lebih serius dan formal, kamu bisa menggunakan navy untuk dasar seperti blazer atau celana, dengan atasan hijau. 

Sky Blue dan Mint: Sama-sama memberi kesan fresh, cocok digunakan saat siang hari. Misalnya, padukan dress biru dengan aksesoris hijau mint seperti tas atau sepatu.

Biru Teal dan Hijau Olive: Ini adalah perpaduan yang balance, dengan hijau olive yang hangat dan biru lembut. Sahabat Cantika juga bisa menambahkan aksesoris warna cokelat untuk menambahkan unsur alami lainnya. 

Biru Turquoise dan Hijau Lime: Kombinasi ini cocok untuk acara fun atau liburan di pantai.

6. Hitam

Warna hitam cocok dipadukan dengan nuansa biru apapun. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa kamu coba: 

Navy dan Hitam: Sangat elegan, kombinasi ini memberikan kesan kuat dan berkelas, cocok untuk acara formal atau lingkungan profesional.

Sky Blue dan Hitam: Ada kesan kontras nan menyegarkan. Perpaduan biru langit yang tenang dengan hitam yang kuat menciptakan tampilan seimbang antara profesional dan santai.

Biru Elektrik dan Hitam: Dinamis dan trendi. Elektrik memberikan tampilan modern ketika dipadukan dengan hitam.

Biru Turquoise dan Hitam: Unik dan artistik. Keduanya ideal untuk tampilan lebih fun.

7. Orange

Warna di posisi berlawanan pada roda warna disebut sebagai warna komplementer. Contohnya seperti orange dan biru, secara alami menciptakan kontras menarik, menonjolkan keduanya tanpa berkompetisi satu sama lain. Ini beberapa kombinasinya:

Biru Navy dan Orange Terang: Elegan namun berani. Perpaduannya menimbulkan kesan bahwa Sahabat Cantika datang dengan semangat dari orange, namun tetap tenang dari biru.

Biru Langit dan Orange Pastel: Perpaduannya bisa menciptakan suasana santai dan nyaman.

Biru Turquoise dan Orange Tembaga: Biru turquoise menyegarkan dipadukan dengan orange tembaga yang hangat mengingatkan pada pemandangan senja nan indah.

Biru Royal dan Orange Burnt: Perpaduannya sama-sama pekat cocok digunakan pada acara malam hari atau situasi lebih formal.

8. Cokelat 

Perpaduan biru dan cokelat. Foto: Dok. louiseroe.com.

Seringkali, kita butuh pertimbangan ekstra ketika melakukan mix and match outfit dengan pakaian berwarna cokelat, apalagi cokelat gelap. Tenang, kamu bisa mengimbangi kesan earthy tone dari pakaian berwarna cokelat ini dengan warna biru dongker.

Kamu juga bisa memakai outfit biru gelap dan membawa tas cokelat milikmu. Pokoknya, paduan warna biru dongker dan cokelat akan membuat gayamu jauh lebih fashionable. Baju ini juga cocok dengan jilbab cokelat. 

Nah, Sahabat Cantika, itu dia 8 pilihan kombinasi warna biru dengan warna lainnya yang membuat penampilanmu bakal lebih stylish. Selamat mencoba!

Pilihan Editor: Nuansa Biru Denim jadi Primadona di Jogja Fashion Trend 2024, dari Modest Wear hingga Shibori

KNITTO TEXTILE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."