7 Tips Mengoptimalkan Hari Terakhir Liburan, Agar Tak Sedih dan Stres

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi airport style atau gaya berpakaian liburan. Freepik.com/garetvisual

Ilustrasi airport style atau gaya berpakaian liburan. Freepik.com/garetvisual

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa orang merasakan sedih dan stres saat liburan mereka akan berakhir. Sedih karena liburan berakhir atau stres karena akan segera kembali beraktivitas seperti biasa. Hal ini membuat wisatawan tidak memanfaatkan beberapa jam terakhir sebelum melakukan perjalanan pulang. 

Menurut pakar perjalanan wisatawan, Sahabat Cantika dapat memanfaatkan waktu sebelum ke bandara dengan beberapa aktivitas lain. Berikut ini beberapa tips untuk mengoptimalkan hari terakhir liburan sebelum kembali ke rumah. Yuk, simak!

1. Berkemas malam sebelumnya

Wisatawan dapat meluangkan waktu mengemasi barang bawaan pada malam hari sebelum pulang. Dengan cara ini, keesokan paginya masih bisa menyempatkan waktu untuk eksplorasi atau relaksasi.

Seperti yang dilakukan blogger perjalanan, Katie McIntosh. “Dengan cara ini saya dapat memaksimalkan waktu yang saya miliki pada hari terakhir saya di sana tanpa terlalu banyak stres," ujarnya seperti dilansir dari laman Huffington Post

2. Pesan penerbangan sore atau malam

Salah satu cara yang paling mudah untuk memaksimalkan hari terakhir liburan adalah memilih penerbangan sore atau malam hari. Wisatawan tidak perlu terburu-buru mengejar penerbangan pagi dan memiliki banyak waktu untuk jalan-jalan di pagi atau siang hari. 

3. Check-out lebih lambat

Kalau penerbangan pulang pada sore atau malam hari, cobalah untuk meminta keterlambatan check-out hotel. Tapi kalau tidak memungkinkan, Claire Summers, blogger perjalanan di balik Claire’s Itchy Feet, mengatakan dia biasanya menyimpan tas di tempat yang aman yang juga menyediakan kamar mandi. 

Pilihan lainnya, check-out lebih awal dan menitipkan bagasi di meja concierge. Jadi bisa bebas melakukan eksplorasi di pagi hari. Namun pastikan mengetahui jam berapa harus berangkat ke bandara atau pusat transportasi lainnya.

4. Pilih aktivitas yang santai

Ben Julius, pendiri platform perjalanan Tourist Journey, mengatakan setiap waktu yang tersisa dalam satu hari harus diperlakukan seperti bonus. Jadi carilah tur atau pengalaman singkat yang dapat menambah dimensi lain melebihi apa yang diharapkan atau direncanakan.

"Ini bisa berupa lokakarya makanan atau tur seni, atau sekadar kunjungan ke beberapa toko yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya," ujarnya.

Jika liburan di kota, pertimbangkan untuk berjalan-jalan, mengunjungi museum atau galeri, atau menikmati sarapan panjang di kafe setempat. Jika liburan di tepi air, berenanglah untuk terakhir kalinya atau berjalan-jalan santai di pantai. Idenya adalah melakukan sesuatu yang santai dengan waktu ekstra Anda.

5. Siapkan tas khusus 

Baik memanfaatkan waktu dengan berjalan-jalan di pantai dan berenang di hari terakhir, sebaiknya membawa pakaian ganti. Agar dapat menyegarkan diri sebelum perjalanan pulang.

Meskipun tidak membawa tas khusus, sebaiknya mengemas barang-barang seperti pakaian ganti, handuk kecil atau parfum di bagian koper yang lebih mudah dijangkau.

6. Kunjungi objek wisata di dekat bandara

Blogger perjalanan dan pembawa acara TV La Carmina mengatakan jika penerbangan sore atau malam hari, datanglah ke bandara lebih awal untuk check-in. Setelah itu pergi ke suatu tempat terdekat untuk menjelajah selama beberapa jam sebelum boarding.

Dia merekomendasikan untuk mencari atraksi dalam waktu 30 menit perjalanan dengan kereta atau mobil dari bandara, untuk menghindari risiko terjebak kemacetan lalu lintas. Cobalah untuk mencicipi makanan selagi berada di sana, sehingga tidak perlu membayar untuk makanan bandara yang mahal.

7. Tetap memperhatikan waktu

Saat memanfaatkan jam-jam terakhir perjalanan, pastikan memiliki waktu yang cukup untuk sampai ke bandara dan melewati jalur keamanan dan jalur lainnya. Terutama bepergian ke luar negeri, akan memerlukan lebih banyak waktu.

Itulah 7 tips mengoptimalkan hari terakhir liburan agar kamu tidak merasa sedih dan stres karena harus mengakhiri traveling. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: Mengapa 5 Destinasi Wisata Ini Bahaya bagi Solo Traveler Perempuan?

YUNIA PRATIWI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."