Benarkah Asam Folat Mendukung Pertumbuhan Rambut?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menyisir rambut. Shutterstock

Ilustrasi menyisir rambut. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak hanya baik untuk meningkatkan perkembangan tabung saraf janin, asam folat juga bermanfat untuk kesehatan rambut. Asam folat, bentuk sintetis Vitamin B9, membantu pertumbuhan rambut, peningkatan volume rambut, kilau rambut, dan cegah penipisan rambut serta uban.

Maka dari itu, beberapa vitamin dan suplemen yang ada di pasaran ini meningkatkan asupan asam folat di dalamnya. Lantas, benarkah asam folat mendukung pertumbuhan rambut dan manfaat lainnya yang telah disebutkan di atas? Kita telusuri paparan para dokter kulit dan ahli kimia kosmetik.

Apa Itu Asam Folat?

Asam folat adalah versi sintetis folat yang merupakan vitamin B, menurut William Gaunitz, pakar bersertifikat rambut dan kulit kepala serta pendiri Advanced Trichology.

Vitamin ini dapat ditemukan dalam suplemen dan multivitamin juga secara alami terjadi dalam makanan tertentu seperti sayuran berdaun gelap dan kacang -kacangan.

"Vitamin ini sangat penting untuk produksi sel darah merah," ucap dokter kulit bersertifikat Joshua Zeichner. Asam folat diperlukan untuk pertumbuhan sel baru, termasuk pertumbuhan rambut dan kuku.

Manfaat Asam Folat untuk Pertumbuhan Rambut

Peran asam folat dalam tubuh kita sangat penting. Ketika kita memenuhi dosis harian yang direkomendasikan 400 mcg, asam folat bisa memberikan hasil optimal pada rambut. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Membantu Pertumbuhan Rambut

Asam folat menghasilkan sel-sel baru, dan berperan aktif dalam keratinisasi rambut.

2. Mencegah Uban

Asam folat menjaga tingkat produksi sel darah merah yang kaya oksigen dinormalisasi dan distabilkan. Tanpa asam folat, sel-sel ini berpotensi berlebihan, yang dapat mengakibatkan perubahan pigmentasi rambut.

3. Mencegah Kerontokan Rambut

Ketika tubuh tidak mendapatkan asam folat yang cukup, tubuh akan memprioritaskan mengirim nutrisi kritis itu ke organ yang lebih vital. Hal itu membuat rambut mudah rontok.

4. Mencegah Rambut Menipis

Menurut dokter Zeichner, kekurangan asam folat bisa menyebabkan rambut menipis.

5. Menambahkan Kilau

Kadar asam folat yang baik juga terkait dengan nutrisi yang terdistribusi ke seluruh tubuh. Hal itu pun berdampak pada rambut lebih berkilau dan kuat.

Efek Samping Asam Folat

Konsumsi asam folat terlalu banyak atau sedikit dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan seperti sakit kepala, ruam, mual, dan reaksi kulit. Jadi, kecuali kamu sudah mengantongi hasl kekurangan asam folat dari dokter, tidak perlu meresepkan sendiri peningkatan tambahan untuk asupan asam folat.

"Secara teknis, siapa pun dapat mengonsumsi asam folat. Tetapi itu paling baik dikonsumsi oleh seseorang yang kekurangan vitamin B," kata Gaunitz.

Mengonsumsi lebih dari dosis harian yang direkomendasikan sebesar 400 mcg tidak berarti rambut dijamin tumbuh lebih cepat, dokter Zeichner memperingatkan. Luangkan waktu untuk berkonsultasi dengan dokter jika kamu khawatir tentang asupan asam folat untuk memastikan suplemen yang dikonsumsi.

Jadi, secara ilmiah kandungan asam folat berperan dalam pertumbuhan sel-sel baru dalam tubuh, termasuk rambut. Tapi perlu diingat untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen asam folat untuk mendorong pertumbuhan rambut perlu konsultasi dokter.

Pilihan Editor: 5 Cara Memilih Hair Oil yang Sesuai Kebutuhan Rambut Anda

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."