Benarkah 1 Sendok Teh Kayu Manis Bisa Membakar Lemak?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kayumanis. shutterstock.com

Ilustrasi kayumanis. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tren TikTok menyarankan menambahkan 1 sendok teh kayu manis ke kopi dapat membantu penurunan berat badan. Studi menunjukkan efek minimal pada lingkar pinggang dan BMI, tetapi hasilnya bervariasi.

Kayu manis telah lama digunakan di seluruh dunia dalam hidangan dan minuman manis dan gurih. Namun, tren TikTok baru mengklaim menambahkan satu sendok teh kayu manis ke kopi harian Anda (dan sedikit kakao agar lebih enak) selama satu minggu dapat membantu Anda membakar lemak. Benarkah ini?

Kayu manis, yang sering digunakan dalam berbagai hidangan, dapat membantu menurunkan berat badan tetapi efeknya minimal.

Tidak semua kayu manis sama

Ada dua jenis kayu manis, keduanya berasal dari penggilingan kulit pohon cinnamomum dan mungkin mengandung beberapa bahan aktif alami. Kayu manis cassia adalah jenis yang paling umum tersedia di toko kelontong. Kayu manis ini memiliki rasa pahit dan mengandung kadar yang lebih tinggi dari salah satu bahan aktif cinnamaldehyde, senyawa yang memberikan rasa dan bau pada kayu manis. Sekitar 95% kayu manis cassia adalah cinnamaldehyde. Yang lainnya adalah kayu manis Ceylon, yang rasanya lebih manis. Kayu manis ini mengandung sekitar 50-60% cinnamaldehyde.

Apakah kayu manis bakar lemak

Sebuah tinjauan terhadap 35 penelitian meneliti apakah mengonsumsi kayu manis dapat memengaruhi lingkar pinggang, yang dikaitkan dengan peningkatan kadar lemak tubuh. Ditemukan bahwa dosis kayu manis di bawah 1,5 gram per hari (sekitar setengah sendok teh) mengurangi lingkar pinggang hingga 1,68 cm. Namun, mengonsumsi lebih dari 1,5 g/hari tidak memiliki efek yang signifikan. Sebuah meta-analisis terhadap 21 uji klinis dengan total 1.480 peserta menemukan bahwa kayu manis juga mengurangi indeks massa tubuh (IMT) hingga 0,40 kg/m² dan berat badan hingga 0,92 kg. Namun, hal itu tidak mengubah komposisi lemak atau massa ramping peserta.

Tinjauan menyeluruh lainnya, yang mencakup semua meta-analisis, menemukan sedikit efek kayu manis pada penurunan berat badan. Peserta kehilangan rata-rata 0,67 kg dan mengurangi BMI mereka sebesar 0,45 kg/m². Jadi secara keseluruhan, penurunan berat badan yang kita lihat dari studi berkualitas tinggi ini sangat kecil, berkisar antara dua hingga enam bulan dan sebagian besar tanpa perubahan dalam komposisi tubuh. 

Penelitian tersebut melibatkan orang-orang dengan berbagai penyakit, dan sebagian besar berasal dari Timur Tengah dan/atau anak benua India. Jadi, kami tidak dapat memastikan apakah kami akan melihat efek ini pada orang-orang dengan profil kesehatan lain dan di negara lain.

Penelitian tersebut juga dilakukan dalam jangka waktu yang berbeda, dari dua hingga enam bulan. Suplemen yang digunakan berbeda, tergantung pada penelitiannya. Beberapa penelitian memiliki bahan aktif yang diekstrak dari kayu manis, yang lain menggunakan bubuk kayu manis. Dosisnya bervariasi dari 0,36g hingga 10g per hari. Mereka juga menggunakan dua jenis kayu manis yang berbeda – tetapi tidak ada penelitian yang menggunakan kayu manis dari toko kelontong.

Ada beberapa kemungkinan mekanisme. Kayu manis tampaknya memungkinkan glukosa darah (gula) memasuki sel-sel tubuh lebih cepat. Hal ini menurunkan kadar glukosa darah dan dapat membuat insulin bekerja lebih efektif. Kayu manis juga tampaknya meningkatkan cara kita memecah lemak saat kita membutuhkannya untuk energi. Terakhir, kayu manis dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dengan memperlambat seberapa cepat makanan dilepaskan dari perut ke usus halus.

Apa risikonya?

Kayu manis secara umum dianggap aman jika digunakan sebagai bumbu dalam masakan dan makanan. Namun, dalam beberapa bulan terakhir Amerika Serikat dan Australia telah mengeluarkan peringatan kesehatan tentang kadar timbal dan logam berat lainnya dalam beberapa olahan kayu manis. Timbal masuk sebagai kontaminan selama pertumbuhan (dari lingkungan) dan saat panen. Dalam beberapa kasus, diduga ada kontaminasi yang disengaja.

Beberapa orang mungkin mengalami efek samping dari kayu manis, termasuk nyeri gastrointestinal dan reaksi alergi. Salah satu bahan aktifnya, kumarin, dapat menjadi racun bagi hati beberapa orang. Hal ini mendorong Otoritas Pangan Eropa untuk menetapkan batas 0,1 mg/kg berat badan. Kayu manis cassia mengandung hingga 1% kumarin, dan varietas Ceylon mengandung jauh lebih sedikit, 0,004%. Jadi bagi orang dengan berat badan di atas 60 kg, 2 sendok teh (6 g) kayu manis cassia akan membuat mereka melampaui batas aman.

Menggunakan kayu manis mungkin memiliki efek yang sangat kecil pada berat badan, tetapi tidak mungkin menghasilkan penurunan berat badan yang berarti tanpa penyesuaian gaya hidup lainnya. Kita juga perlu mengingat bahwa uji coba ini menggunakan produk yang berbeda dari kayu manis yang kita beli di toko. Cara kita menyimpan dan berapa lama kita menyimpan kayu manis juga dapat memengaruhi atau menurunkan bahan aktifnya. Dan mengonsumsi lebih banyak tidak akan memberikan manfaat tambahan. Bahkan, hal itu dapat meningkatkan risiko efek samping.

Jadi, jika Anda menyukai rasa kayu manis dalam kopi Anda, teruslah menambahkannya, tetapi mengingat rasanya yang kuat, Anda mungkin hanya ingin menambahkan sedikit saja. Dan tidak peduli seberapa besar kita menginginkan hal ini menjadi kenyataan, kita tentu tidak akan mendapatkan manfaat penurunan lemak dengan mengonsumsi kayu manis pada donat atau roti, karena jumlah kilojoule-nya yang tinggi. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, ada pendekatan yang didukung bukti yang tidak akan merusak kopi pagi Anda.

Pilihan Editor: Berat Badan Turun dengan Rempah-rempah, Mulai Kayu Manis Hingga Kapulaga

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."