Tips Menyeimbangkan Peran Ibu Rumah Tangga dan Karier ala Zaskia Adya Mecca

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Zaskia Adya Mecca/Foto: Instagram/Zaskia Adya Mecca

Zaskia Adya Mecca/Foto: Instagram/Zaskia Adya Mecca

IKLAN

CANTIKA.COM, Yogyakarta - Aktris, Zaskia Adya Mecca berbagi pengalaman dan tips menjadi perempuan produktif dalam karier di sela statusnya sebagai ibu rumah tangga.

Istri dan ibu dari enam anak ini menuturkan setiap perempuan berhak mengembangkan potensi diri seluas-luasnya. Menurut pemilik lima brand fashion itu, karier juga tidak bisa menjadi alasan perempuan melupakan fitrahnya dalam peran sebagai istri juga ibu.

“Perempuan itu dapat melakukan multitasking lebih baik, itu bahkan bisa menjadi kelebihan yang dimiliki dibandingkan laki-laki," kata Zaskia di hadapan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Kamis, 10 Oktober 2024. 

Zaskia Adya Mecca Ingatkan Kewajiban dan Hak Perempuan Berkarier

Dalam forum bertajuk Sisternet Goes To Campus XL Axiata-UMY itu, Zaskia mengatakan setiap pekerjaan yang akan dikerjakan selalu diawali sederet pertimbangan lebih dulu. Misalnya, apakah kewajibannya untuk keluarga sudah terpenuhi atau belum. 

"Menurut saya, kewajiban seorang perempuan untuk suami dan anak di rumah adalah hak yang harus mereka dapatkan, dan jika itu sudah terpenuhi baru saya mau menjalankan pekerjaan itu di luar rumah,” ujar istri dari sutradara Hanung Bramantyo ini.

Berkolaborasi dan Selalu Jalin Komunikasi

Zaskia menilai setiap perempuan yang ingin memiliki pekerjaan baik karyawan atau pengusaha, penting terlibat dalam berbagai komunitas untuk menemukan bakat dan mengembangan potensinya.

Menurut dia, komunitas dapat menjadi wadah untuk belajar berkolaborasi sebelum beranjak ke ranah profesional. Tanpa berkolaborasi dan berjejaring, kata Zaskia, seseorang akan kesulitan meningkatkan potensinya.

“Komunitas dapat membantu kita berkembang, sekaligus tempat untuk saling menguatkan," kata dia, "Namun perlu diingat, jika sudah berpenghasilan bahkan melebihi penghasilan suami, jangan sampai termakan ego dan mengecilkan." Ia berpendapat, kelancaran semua usahanya karena restu dari suaminya.

Pilihan Editor: Zaskia Adya Mecca Ulang Tahun ke-37, Nostalgia Berbaju SMA

PRIBADI WICAKSONO (KONTRIBUTOR TEMPO)

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."