7 Cara Mengatasi Rambut Kusut yang Direkomendasikan Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan alami rambut kusut. Foto: Freepik.com/Azerbaijan_stockers

Ilustrasi perempuan alami rambut kusut. Foto: Freepik.com/Azerbaijan_stockers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rambut kusut salah satu penampilan yang paling dihindari para perempuan. Sebab kita ingin tampilan mahkota rapi dan indah sesuai yang diinginkan. Nah jika kamu kerap alami rambut mudah kusut, berikut beberapa cara mengatasinya menurut para ahli. Mulai dari memperhatikan penggunaan produk rambut hingga sisir yang digunakan.

1. Gunakan Sampo Bebas Sulfat

Salah satu faktor penyebab rambut kusut adalah kekeringan rambut. "Kusut lebih umum pada rambut kering dan rusak karena kutikula tidak rata, yang memungkinkan untaian saling terkait," kata dokter kulit bersertifikat Iris Rubin dikutip dari laman Byrdie.

Salah satu cara untuk mengurangi kekeringan adalah dengan menggunakan sampo bebas sulfat, karena pembersih ini menghilangkan kotoran tanpa menelanjangi rambut minyak alami. Menggunakan sampo bebas sulfat dapat meminimalkan pengeringan rambut yang dapat terjadi dengan surfaktan berbasis sulfat.

2. Pakai Sisir Gigi Lebar

Salah satu cara mencegah dan mengatasi rambut kusut adalah dengan menggunakan sisir bergigi lebar selama perawatan pengkondisian rambut. "Sebelum membilas kondisioner, gunakan sisir gigi lebar untuk menyelesaikan simpul apa pun dengan lembut," ucap dokter Rubin.

Langkah ini membantu melepaskan kusut tanpa menarik atau menarik rambut ekstra.

Saat menyisir dengan kondisioner, kamu meningkatkan elastisitas rambut dengan kelembapan air dan produk. Peningkatan elastisitas meminimalkan kerusakan rambut. Ini bisa sangat membantu bagi mereka yang memiliki rambut kering, rusak, atau bahkan halus yang mungkin sudah berkurang elastisitasnya.

3. Gunakan Handuk Microfiber

Menghindari gesekan juga salah satu langkah mencegah rambut kusut. Handuk biasa adalah beberapa pelaku gesekan terburuk, tetapi handuk apa pun dapat menjadi masalah jika digunakan terlalu kuat.

Maka dari itu, dokter Rubin merekomendasikan untuk mencari handuk microfiber untuk mengeringkan rambut secara lembut. Dia memperingatkan bahkan dengan handuk microfiber, penting untuk mengeringkan rambut secara kasar.

4. Cobalah Perawatan Pra-Sampo

Jika rambut kusut sebelum mencuci rambut, ahli komestik bersertifikat Karen Flowers menyarankan untuk melakukan perawatan sebelum keramas. Dia merekomendasikan untuk menjenuhkan rambut dengan minyak kelapa semalam sebelum hari keramsa, karena membutuhkan waktu sekitar delapan jam untuk minyak kelapa untuk sepenuhnya menembus poros rambut.

"Minyak kelapa melembutkan rambut, membuatnya lebih lentur dan lebih mudah untuk menghilangkan kusut. Minyak juga memperkuat rambut untuk meminimalkan kerusakan selama proses ini," katanya.

5. Lindungi Rambut Saat Tidur

Baik dokter Rubin dan Flowers menyebutkan gerakan saat tidur dapat menyebabkan rambut kusut. Sarung bantal atau pelindung dari sutra adalah pilihan populer untuk meminimalkan gesekan tidur, dan telah terbukti hasil.

6. Rutin Trim Rambut

Jika kamu ingin menumbuhkan rambut, kamu mungkin ragu-ragu untuk sering mendapatkan trim karena tampaknya kontraproduktif. Tetapi ujung rambut yang pecah-pecah dapat menyebabkan kerusakan dan menghambat pertumbuhan. Ujung rambut yang pecah-pecah juga bisa memicu rambut kusut. 

Maka dari itu, Flowers menjelaskan bahwa penting untuk mendapatkan trim rambut secara teratur, setidaknya dua hingga tiga kali setahun atau sesuai kebutuhan untuk menghilangkan ujung yang terpisah. 

7. Hindari Produk yang Menyebabkan Penumpukan Rambut

Penumpukan dapat menyebabkan segala macam masalah untuk rambut, tetapi juga dapat menyebabkan kusut. Salah satu pelakunya adalah silikon, karena ini cenderung menumpuk perlahan di rambut dan membuat rambut terasa lebih halus saat disentuh. Namun seiring waktu, penumpukan ini dapat membuat gesekan penyebab kusut di rambut juga.

Rubin merekomendasikan untuk menggunakan kondisioner yang tidak akan berkontribusi pada penumpukan rambut. "Kondisioner berkualitas tinggi adalah suatu keharusan, dan jika kamu menyisir rambut sebelum dibilas, ini akan membantu mengurangi kusut secara signifikan," katanya.

Pilihan Editor: Ciri-ciri Harus Potong Rambut, Kusut dan Ujungnya Pecah-pecah

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."