6 Tanda Interview User Berhasil, Perhatikan ya Ladies!

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita sedang wawancara kerja. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedang wawancara kerja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sahabat Cantika sedang mengikuti proses rekrutmen? Kamu perlu mengetahui tentang tahap yang satu ini ya, yaitu interview user.

Interview user adalah tahap wawancara kerja dengan calon atasan kamu saat bekerja nantinya. User ini bisa seorang associate, manajer, atau VP

Apakah interview user tahap akhir dan jika kamu lolos tahap ini sudah pasti diterima? Sebenarnya, tahapan rekrutmen ini bergantung dari perusahaan dan lolos atau tidaknya calon karyawan merupakan rahasia perusahaan yang sulit diprediksi.

Tapi, 6 tanda interview user berhasil kamu lalui dengan baik dan disukai perusahaan. Persiapkan dan latihan jika perlu agar wawancara lancar tanpa hambatan.

1. Durasi Interview Lama

Dikutip dari laman RecruitFirst, salah satu tanda interview user berhasil adalah durasi wawancara yang lama dan mendalam. Durasi wawancara biasanya sudah ditentukan oleh perekrut, misalnya 30 menit, 45 menit, atau 1 jam. 

Jika durasi wawancara itu melebihi dari waktu yang sudah ditentukan, kemungkinan user tertarik untuk mengajak kamu bekerja di perusahaan itu.

Secara umum, tahap wawancara ini biasanya akan membahas seputar pekerjaan untuk mengetahui kemampuanmu dalam bidang dan posisi yang sedang dilamar. Hal ini misalnya meliputi assessment secara langsung dengan user.

Namun, jika dalam interview itu user menanyakan hal-hal yang lebih detail, seperti keluarga, hobi, cita-cita, atau visi misi, artinya dia sudah mulai tertarik untuk mengenal kamu lebih dalam. Bila dirasa karaktermu cocok dengan misi visi perusahaan, maka peluangmu diterima akan lebih besar.

2. User Menjelaskan Sistem Kerja Perusahaan

Sistem kerja perusahaan umumnya bersifat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh sembarang orang. Di antaranya informasi seperti brikorasi, jam kerja, sistem pemberian gaji, dan lain-lain. 

Jadi, jika user sudah menjelaskan sistem kerja perusahaan secara rinci selama wawancara, ada kemungkinan dia sudah menganggap kamu sebagai individu yang cocok untuk posisi yang dia butuhkan.

3. Negosiasi Gaji

Ciri-ciri lolos interview user berikutnya adalah ada ajakan negosiasi gaji. Ketika rekruter sudah melakukan negosiasi gaji, kemungkinan mereka sudah mempertimbangkan kamu untuk masuk ke dalam perusahaan dan melihat apakah gaji yang ditawarkan sesuai dengan ekspektasimu.

Agar bisa menjawab hal ini dengan baik, maka kamu perlu melakukan riset terkait informasi upah minimum di daerah perusahaan itu agar kamu bisa memberi jawaban yang masuk akal. Meski begitu, hal ini pun tidak menjamin kamu dinyatakan lolos. Jadi, tetaplah menunggu sampai hasil wawancara keluar secara resmi.

4. Menjelaskan Budaya Kerja Perusahaan

Pewawancara yang menceritakan tentang budaya kerja perusahaan bisa menjadi tanda bahwa dia menganggap kepribadianmu cocok dengan kultur kerja di perusahaannya.

Hal ini juga digunakan untuk memastikan apakah kamu bisa beradaptasi dengan budaya tersebut, serta membantumu agar tidak mengalami culture shock saat masuk ke perusahaan itu nantinya. Ini bisa jadi tanda kamu diterima kerja setelah interview.

5. Bertanya Secara Rinci

Apabila user bertanya secara rinci mengenai skill serta pengalaman kerja yang kamu miliki, maka kemungkinan user tertarik dengan background kamu. Setelah itu, dia biasanya memberi studi kasus atau pendapat mengenai suatu masalah untuk melihat solusi dari kamu terhadap masalah itu.

Melalui jawaban tersebut, user dapat menilai bagaimana langkah kamu dalam problem solving atau menyelesaikan suatu permasalahan. Jika kamu mendapatkan pujian atas jawaban tersebut, hal ini bisa menjadi tanda interview user berhasil.

6. Menginformasikan tentang Proses Rekrutmen Berikutnya

Tanda lolos interview user berikutnya adalah ketika perekrut memberikan informasi mengenai proses rekrutmen selanjutnya, termasuk tempat, tanggal, dan waktu. Informasi tersebut tidak selalu diberikan tepat setelah interview, namun bisa jadi dalam kurun waktu 24 jam sesudah wawancara dilakukan. 

Jika kamu mendapat informasi ini, artinya kamu sudah lolos interview user dan bisa melanjutkan ke proses rekrutmen berikutnya.

Nah, Sahabat Cantika, itu dia 6 tanda interview user berhasil kamu lalui dengan baik dan disukai. Persiapkan dan latihan jika perlu agar wawancara lancar tanpa hambatan, ya! Semoga berhasil!

Pilihan Editor: Pentingnya Sikap Percaya Diri saat Wawancara Kerja, Simak Saran Psikolog

RECRUITFIRST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."