Profil dan Perjalanan Karier Ribka Haluk, Calon Menteri Prabowo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Gubernur Papua tengah Ribka Haluk tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA/Aprillio Akbar

Gubernur Papua tengah Ribka Haluk tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA/Aprillio Akbar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk salah satu figur yang dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Senin, 14 Oktober 2024. Seusai pertemuan, Ribka mengatakan kepada awak media bahwa dia diminta bergabung ke dalam Kabinet Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. 

Untuk mengenal lebih dekat Ribka Haluk, berikut profil dan perjalanan kariernya.

Profil Ribka Haluk

Berdasarkan catatan Tempo, Ribka Haluk diketahui merupakan eks Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Papua serta Pejabat Bupati Yalimo, Papua.

Dikutip dari situs Seputar Papua, Ribka merupakan lulusan Universitas Cendrawasih pada jurusan Sastra di jenjang Strata Satu. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan magister Ilmu Administrasi di Universitas Garut.

Lantas, pada jenjang doktoral, dia kembali ke Universitas Cendrawasih dengan mengambil fokus pada Ilmu Manajemen. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Ribka diketahui memiliki sejumlah karier cemerlang di bidang pemerintahan. 

Perjalanan Karier Ribka Haluk 

Situs Seputar Papua menyebut bahwa Ribka Haluk sempat menjadi Kepala Subdirektorat Peningkatan Kesejahteraan Keluarga di Kabupaten Jayawijaya pada 2001. Kemudian, Ribka naik jabatan sebagai Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Jayawijaya pada 2004.

Karier di pemerintahannya pun semakin meningkat pada 2009 ketika dia ditunjuk sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Kabupaten Jayawijaya. Pada 2010, dia beralih dengan memegang jabatan sebagai Sekretaris Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Jayawijaya.

Perempuan kelahiran Jayawijaya pada 10 Januari 1971 ini mulai memegang jabatan strategis pada 2013 sebagai Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial dan Masyarakat Terisolasi Papua. Pada 2014, dia dipindahkan menjadi Kepala Dinas Sosial dan Pemukiman Provinsi Papua.

Berkat rekam jejaknya di pemerintahan yang cukup menyakinkan, pada 2017, Ribka Haluk diketahui menjabat sebagai Pejabat Bupati Mappi.

Dikutip dari Antara, Ribka Haluk dilantik secara langsung oleh Gubernur Papua Lukas Enembe pada Selasa, 11 April 2017. Kala itu, Ribka dilantik untuk menggantikan Stefanus Kaisma yang telah habis masa tugasnya sebagai pegawai.

Kemudian, pada 2021, Ribka Haluk dilantik kembali menjadi Penjabat Bupati untuk Kabupaten Yalimo. Dikutip dari situs Wartalika, kinerja Ribka kala itumendapatkan apresiasi dari Mendagri Tito.

“Ibu Ribka ini pada waktu (menjabat) Pj Bupati Yalimo itu di tengah-tengah konflik. … Saya sedikit agak underestimate (mencurigai kemampuan Ribka) waktu itu, tapi beliau hadir di tengah-tengah masyarakat dan ternyata dengan sifat keibuan, beliau mampu menyelesaikan dengan baik,” ujar Tito Karnavian.

Ribka Haluk juga menjadi Penajbat Gubernur perempuan pertama di Indonesia.

Pilihan Editor: Fakta Menarik Atalia Praratya, Istri Ridwan Kamil yang Punya Hobi Naik Motor hingga Rilis Buku

 

ACHMAD HANIF IMADUDDIN | ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."