Selain Masalah Pencernaan, Ini 4 Efek Samping Konsumsi Kafein Berlebihan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kopi panas. Foto: Unsplash.com/Rene Porter

Ilustrasi kopi panas. Foto: Unsplash.com/Rene Porter

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minuman berkafein salah satu minuman wajib sejumlah orang saat mengawali hari. Sebab kafein memberikan dorongan energi yang dibutuhkan untuk memulai hari atau semangat menghadapi kelesuan sore. Meski demikian, perlu diketahui ada sejumlah efek samping konsumsi kafein berlebihan. Berikut lima di antaranya.

1. Merasa Gelisah dan Cemas

Secangkir kopi dapat membantu kita merasa lebih terjaga, tapi terlalu banyak kafein memiliki dampak sebaliknya. Itu berarti konsumsi kafein berlebihan bisa membuat merasa gelisah, tegang, atau bahkan cemas. Hal itu terjadi ketika kopi memengaruhi sistem saraf pusat, menyebabkan kegelisahan, detak jantung, dan tangan gemetar.

Pertimbangkan mengurangi konsumsi minuman berkafein, terutama di sore atau malam hari, karena efeknya dapat berlanjut selama berjam-jam. Untuk mengurangi kemungkinan merasa gelisah, cobalah beralih ke minuman kafein yang lebih rendah seperti teh hijau.

2. Sulit Tidur

Kafein bisa efektif untuk membangunkan kita, tetapi juga dapat mengganggu pola tidur jika dikonsumsi berlebihan pada hari itu. Kandungan tersebut memblokir adenosin, neurotransmitter yang membantu kita rileks dan tidur.

Minum kafein yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat kita sulit untuk mendapatkan istirahat damai yang kita butuhkan.

Hindari konsumsi kafein setidaknya selama 6 hingga 8 jam sebelum tidur untuk menyiapkan tubuh ke mode istirahat. Untuk minuman yang lebih ramah tidur, cobalah konsumsi teh herbal seperti chamomile di malam hari.

3. Masalah Pencernaan

Kafein yang berlebihan dapat berdampak buruk pada sistem pencernaan karena meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan, refluks asam, atau mulas. Kafein juga memiliki efek pencahar ringan, dan minum terlalu banyak dapat menyebabkan diare atau sering buang air kecil.

Jika perut kamu tak bersahabat setelah konsumsi minuman berkafein, pertimbangkan untuk mengurangi kopi. Konsumsi camilan ringan sebelum kopi juga dapat membantu mengurangi iritasi perut.

4. Sakit Kepala

Meskipun kafein sering ditemukan dalam obat-obatan sakit kepala karena dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, terlalu banyak dapat menyebabkan sakit kepala atau bahkan migrain.

Untuk menghindari sakit kepala terkait kafein, cobalah untuk menjaga asupan harian secara konsisten daripada berfluktuasi secara dramatis. Jika kamu mencoba mengurangi, lakukan secara bertahap untuk mengurangi kemungkinan gejala penarikan.

5. Detak Jantung Cepat dan Tekanan Darah Tinggi

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung yang signifikan pada orang-orang tertentu. Sementara mayoritas orang sehat biasanya tidak mengalami masalah dari kenaikan singkat ini, mereka yang sudah memiliki tekanan darah tinggi atau masalah jantung mungkin merasakan hal itu.

Jika, setelah mengonsumsi minuman berkafein, kamu merasakan jantung berdebar kencang atau sedikit pusing, kamu harus berpikir tentang mengurangi berapa banyak yang dikonsumsi. Pilih dosis yang lebih rendah dan tersebar di sepanjang hari dibandingkan dengan jumlah yang lebih besar sekaligus.

Itulah sederet efek samping konsumsi kafein berlebihan yang perlu jadi catatan kita bersama.

Pilihan Editor: Berapa Banyak Kafein dalam Secangkir Kopi?

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."