Profil Seunghan dan Fakta Skandalnya Hingga Hengkang dari RIIZE

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Seunghan RIIZE. Instagram.com/@riize_official

Seunghan RIIZE. Instagram.com/@riize_official

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seunghan RIIZE kini ramai dibahas di media sosial. Pasalnya, penggemar grup RIIZE beramai-ramai menolak dia kembali ke grup idol itu setelah hiatus 10 bulan.

Bukti penolakan itu berupa kiriman 1.000 karangan bunga kematian ke depan gedung SM Entertainment di Seoul, Korea Selatan pada Minggu, 13 Oktober 2024. Padahal dua hari sebelumnya, pihak manajemen tersebut mengumumkan Seunghan akan kembali melengkapi personel RIIZE pada November 2024.

Penggemar Korea dan dunia tidak satu suara. Banyak warganet, termasuk dari Indonesia, yang memberi dukungan untuk Seunghan RIIZE dan khawatir akan kesehatan mentalnya. Mereka juga menganggap skandal Seunghan bukanlah kejahatan.

Seunghan RIIZE. Instagram.com/@riize_official

Profil Seunghan RIIZE

Dikutip dari Kprofiles, dia kini adalah mantan anggota grup Korea Selatan RIIZE di bawah SM Entertainment. Dia memiliki nama lahir Hong Seunghan serta nama panggung Seunghan.

Dia lahir di Tanhyeon-dong, Ilsanseo-gu, Goyang-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan pada 2 Oktober 2003. Pemilik zodiak Libra ini memiliki tinggi badan 178 sentimeter.

Seunghan sekolah di Seoul Performing Arts High School (Departemen Musik Terapan). Dia bisa bermain piano dan gitar, dan ingin belajar bass.

Lelaki 21 tahun itu menyukai R&B Soul. Di dunia entertainment, panutannya adalah Taeyang BIGBANG dan D.O EXO.

Fakta Skandal Seunghan

1. Perjalanan Karier Seunghan bersama RIIZE

Dia menjadi trainee selama 2 setengah tahun. Kisah casting-nya bermula ketika ia menerima tawaran audisi dari berbagai agensi saat dia masih duduk di kelas 3 SMP, dan dia akhirnya memilih SM Entertainment tanpa berpikir dua kali.

Pada 2 Juli 2022, ia terungkap sebagai anggota SMROOKIES bersama dengan Shohei dan Eunseok. Pada 4 September 2023, ia melakukan debut resminya dengan RIIZE.

Setelah debut, ia ingin tampil di Food Travel milik Huh Young Man.

2. Penyebab Seunghan Berhenti dan Hiatus

Pada November 2023, diumumkan bahwa dia akan menghentikan semua aktivitas grup tanpa batas waktu karena foto dan video kontroversial dari masa lalunya yang menjadi viral di internet.

Berbagai klipnya tersebar online setelah debutnya, termasuk dia diduga menunjukkan tengah merokok. Pada 17 November 2023, sebuah akun Twitter anonim membagikan klip Seunghan di laman mereka.

Dalam video itu, seseorang yang diyakini sebagai Seunghan terlihat memegang sebatang rokok yang menyala sambil berjalan di luar dan membawanya ke mulutnya.

Sehari sebelum video ini tersebar, sebuah video percakapan Seunghan dan Soobin yang merupakan member dari boy group TXT, bocor di media sosial. Dalam video tersebut tampak mereka sedang melakukan siaran langsung di akun pribadi mereka dan ditonton oleh empat orang. Mereka diduga mengejek memberi grup idol lain.

RIIZE. Foto: Instagram/@uiq.id

3. Seunghan Diumumkan Akan Kembali

Pada 11 Oktober 2024, SM Entertainment mengumumkan bahwa Seunghan akan mengakhiri masa jedanya dan kembali ke promosi RIIZE. Namun, karena desakan dari fans grup tersebut yang menolaknya, dia resmi meninggalkan grup pada 13 Oktober 2024.

4. Seunghan Putuskan Keluar dari RIIZE

Pada Minggu malam, 13 Oktober 2024, Wizard Production, bagian dari SM Entertainment yang mengelola RIIZE, mengumumkan bahwa Seunghan keluar dari grup. Dalam surat tulisan tangan yang diunggah di Weverse, Seunghan juga menyampaikan permintaan maafnya kepada penggemar, anggota grup, dan perusahaan. "Aku merasa sangat bersalah dan khawatir. Karena itu, aku memutuskan bahwa lebih baik bagi semua pihak jika aku meninggalkan grup," tulisnya. 

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada mereka yang telah mendukungnya. “Aku dengan tulus berharap RIIZE akan menerima lebih banyak cinta ke depannya,” ungkapnya. Dengan keputusan ini, RIIZE akan melanjutkan aktivitasnya sebagai grup beranggotakan 6 orang.

Itu dia profil Seunghan RIIZE dan fakta hengkangnya dari grup idol tersebut.

Pilihan Editor: RIIZE Akan Jumpa Penggemar di Indonesia, Kapan?

KPROFILES | WEVERSE | X | ADINDA JASMINE PRASETYO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."