15 Film India dengan Rating Tertinggi di IMDb dan Rotten Tomatoes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Film India The Lunchbox. Foto: The Lunchbox.

Film India The Lunchbox. Foto: The Lunchbox.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sahabat Cantika penggemar film India? Pasti pernah nonton atau suka dengan rekomendasi film ini!

Film Bollywood jadi salah satu industri perfilman terkuat di dunia selama bertahun-tahun. Ada ratusan judul yang diproduksi setiap tahunnya di negara Anak Benua ini.

Banyak di antaranya yang sukses menembus pasar Asia, bahkan internasional. Nah, berikut ini rekomendasi 15 film India dengan rating tertinggi dari IMDb dan Rotten Tomatoes. Tidak hanya akting aktor yang mumpuni tapi kisah dan jalan cerita menarik.

1. 12th Fail

Cuplikan film 12th Fail. Foto: IMDB.

12th Fail mendapat rating tertinggi di IMDb, dengan rating 8.8/10. Mengisahkan Manoj Kumar Sharma dari desa Chambal.

Menyontek saat ujian merupakan hal yang umum. Ia mengikuti ujian kelas 12 dan mengincar pekerjaan sebagai pesuruh. Namun, seorang polisi ketat DSP Dushyant Singh datang saat ujian berlangsung dan menghentikan proses menyonteknya.

Manoj tidak lulus ujian dan mulai mengendarai kendaraan penumpang bersama saudaranya Kamlesh. Mereka berdua mendapat masalah dengan preman seorang politisi, tapi Dushyant Singh datang membantu mereka.

Terinspirasi oleh kejujurannya, Manoj mulai menganggapnya sebagai idola dan ingin menjadi seperti dia. Tahun berikutnya, ia lulus ujian kelas 12 dan bermimpi menjadi petugas DSP, tapi takdirnya memiliki rencana berbeda, membawa Manoj ke dunia UPSC (Union Public Service Commission) atau Komisi Layanan Publik Serikat, salah satu ujian terberat di dunia.

2. Andhadhun (2018)

Film India terbaik yang satu ini berkisah tentang Akash, seorang pemain piano yang berpura-pura buta. Namun, tanpa terduga ia mendadak jadi saksi pembunuhan di rumah seorang selebriti.

Akash harus terus berpura-pura buta agar selamat atau apakah dia memutar otak agar kejahatan itu terungkap? Film yang dibintangi oleh Tabu hingga Ayushmann Khurrana ini memenangkan banyak penghargaan.

3. Gangubai Kathiawadi (2022)

Film ini diangkat dari kisah nyata mantan PSK dan aktivis bernama Gangubai Kothewali. Berawal dari perempuan yang teraniaya dan dijual ke rumah bordil, Gangubai perlahan tapi pasti menjadi salah satu penguasa di red district dan mengubah masyarakat lewat pengaruhnya. 

Film India terbaik ini jadi film India yang paling banyak ditonton di Netflix. Diperankan oleh Alia Bhatt hingga Ajay Devgn.

4. RRR (2022)

Film dengan judul asli Roudram Ranam Rudhiram ini menjadi salah satu film India terbaik yang berhasil eksis di ajang Piala Oscar.

Film ini juga membawa pulang piala Best Original Song untuk lagu "Naatu Naatu". RRR berlatar India di tahun 1920 saat masih di bawah penjajahan Inggris. N. T. Rama Rao Jr. hingga Ram Charan.

5. Jawan (2023)

Film Jawan Shah Rukh Khan. Foto: Istimewa

Salah satu film Bollywood terbaru Shah Rukh Khan ini masuk jajaran film India terbaik dalam 10 tahun terakhir. Jawan menceritakan seorang pria yang ingin membalas dendam melawan salah satu gang terbesar dan memperbaiki ketidakadilan di masyarakat.

Jawan ada di posisi ke-5 film terlaris sepanjang sejarah perfilman berbahasa India pada 2024. Selain Shah Rukh Khan, Jawan juga diramaikan aksi Nayanthara hingga Deepika Padukone. 

6. 3 Idiots (2009)

Salah satu film India terbaik dan sangat populer adalah 3 Idiots yang diperankan oleh Aamir Khan, R. Madhavan, dan Sharman Joshi. 3 Idiots masuk jajaran film Bollywood terlaris sepanjang masa walau sudah cukup lama dirilis.

Bercerita tentang tiga sahabat yang menjalani pendidikan tinggi, jurusan teknik. Kisah mereka berlanjut hingga merasakan berbagai lika-liku perjalanan hidup. Mereka berasal dari latar belakang berbeda.

7. PK (2014)

Masih dibintangi Aamir Khan, salah satu film India terbaik ini penuh cerita filosofis. Potret pencarian jati diri dan makna kehidupan ini dibalut komedi segar. 

PK yang juga diperankan Anushka Sharma ini masuk Top 10 Best Indian Movie of All Time.

8. Bajrangi Bhaijaan (2015)

Film Bollywood ini mengisahkan Pawan Kumar Chaturvedi, seorang Hindu pemuja Hanuman. Walau berbeda keyakinan, Pawan rela memulai perjalan untuk membawa Shadida, seorang gadis Muslim asal Pakistan yang tertinggal di India untuk kembali ke kampung halamannya.

Bajrangi Bhaijaan diperankan oleh Salman Khan hingga Rockline Venkatesh. Kisahnya menyentuh dan bertema kedamaian dalam perbedaan.

9. Uri: The Surgical Strike (2019)

Film Bollywood ini menyuguhkan aksi pasukan khusus dalam melawan teroris. Uri: The Surgical Strike diperankan oleh Vicky Kaushal hingga Yami Gautam.

10. Sultan (2016)

Rekomendasi film India terbaik berikutnya menceritakan kehidupan Sultan Ali Khan, seorang pegulat pehlwani dan mantan juara dunia gulat. Prestasinya itu membuat perubahan sangat besar di kehidupan pribadinya.

Sultan diperankan oleh Salman Khan hingga Anushka Sharma. Film ini telah memenangkan sejumlah penghargaan.

11. Secret Superstar (2017)

Film Bollywood yang menceritakan seorang gadis remaja ingin menjadi penyanyi dan mengunggah video-videonya di YouTube. Ia menyamarkan identitasnya dengan nikab sementara menghadapi pergulatan dalam hubungan dengan ibu, ayah, dan gurunya. 

Secret Superstar membahas masalah sosial seperti feminisme, kesetaraan gender, dan KDRT, diperankan dengan apik oleh Zaira Wasim hingga Aamir Khan.

12. The Lunchbox (2013)

Film Bollywood ini berkisah tentang perempuan kesepian dan pekerja kantoran yang dipertemukan lewat bekal makanan. Ceritanya mengalir indah dalam The Lunchbox.

Film yang disutradarai Karan Johar, ini menuai banyak pujian hingga didukung untuk mewakili India di Piala Oscar pada tahun itu, lho! Film ini diperankan oleh aktor kawakan mendiang Irrfan Khan hingga Nimrat Kaur.

13. Talvar (2015)

Rekomendasi film India terbaik ini diangkat dari kisah nyata. Yakni tentang pembunuhan gadis umur 14 tahun. 

Irrfan Khan kembali jadi salah satu aktor di film thriller kriminal ini.

14. Sardar Udham (2021)

Cuplikan film Sardar Udham. Foto: IMDB.

Film Bollywood ini bercerita tentang biografi pembunuh Michael O'Dwyer. Berkisah tentang dendam dan pembantaian di masa silam.

Film ini sukses mendapat review 95 persen Fresh di Rotten Tomatoes. Sardar Udham diperankan oleh Vicky Kaushal.

15. Pathaan (2023)

Film ini berkisah tentang perang konflik antara Pakistan dan India. Seorang agen rahasia India mengemban misi membentuk unit spesial untuk menghentikan serang teror dari pihak Pakistan.

Pada 2024, Pathaan jadi film berbahasa India keempat dengan penonton terbanyak sepanjang masa. Film ini diperankan oleh Shah Rukh Khan hingga Deepika Padukone.

Nah, Sahabat Cantika, itu dia rekomendasi 15 film India dengan rating tertinggi dari IMDb dan Rotten Tomatoes. Tidak hanya akting aktor yang mumpuni tapi kisah dan jalan cerita menarik. Selamat menonton!

Pilihan Editor: 10 Film Bollywood yang Dibintangi Shah Rukh Khan dan Terpopuler Sepanjang Masa

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."