11 Cara Mengurangi Munculnya Garis Bibir Menurut Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita merawat area bibir. Freepik.com

Ilustrasi wanita merawat area bibir. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaGaris bibir atau lip lines dihasilkan dari kontraksi otot dan kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih, yang memecah kolagen pada kulit sehingga menyebabkan kelemahan kulit. Mengingat pergerakan bibir yang konstan hampir sepanjang hari, garis bibir tidak dapat dihindari sampai taraf tertentu dan tidak dapat dihilangkan secara permanen.

Namun, kamu dapat menguranginya secara signifikan dengan produk, perawatan, dan perawatan yang tepat menurut dokter kulit. Apa saja itu? Berikut 10 di antaranya.

1. Menjaga Kelembapan Bibir

Dokter kulit bersertifikat dan Jayne Bird mengatakan menjaga kelembapan bibir salah satu cara mengurangi kemunculan garis bibir.  Co-owner Embrace Dermatology & Aesthetic di Philadelphia itu merekomendasikan pemakaian lip balm yang mengatasi kerusakan kulit bibir sekaligus melembapkan.

2. Gunakan Retinol Khusus Bibir

Sebagai kandungan pahlawan anti-penuaan, retinol juga bisa bermanfaat untuk mengurangi tampilan garis bibir dengan menciptakan dan menjaga sintesis kolagen, menurut ahli estetika Nicole Caroline.

Tapi, dia memperingatkan jangan langsung menerapkan retinoid resep ke area mulut karena berisiko iritasi. Pilihlah formual yang khusus untuk area bibir.

"Hasilnya tidak akan semalam, tetapi dengan penggunaan yang berkelanjutan, pemakaian produk ini akan membantu dalam mencegah terbentuknya garis bibir baru,” ucap pendiri Nicole Caroline Skincare Studio di Greenwich, Connecticut, Amerika itu dikutip dari laman Byrdie.

Retinoid bibir tidak hanya mengurangi garis bibir, tetapi juga menjaga bibir tetap lembut, tampak kenyal, dan mengurangi penampilan bintik-bintik gelap kecil. Serum bibir Verso khususnya, dirancang untuk memperkuat proses peremajaan dengan meningkatkan produksi kolagen kulit alami.

3. Produk Bibir dengan SPF

Menurut dokter kulit Azadeh Shirazi, menggunakan lip balm dengan SPF salah satu kunci mengurangi garis bibir atau lip lines.

“Melindungi bibir dari matahari adalah langkah paling penting karena sinar UV menurunkan kolagen,” kata dokter Shirazi.

Bibir adalah salah satu area teratas yang sering dilupakan orang untuk dilindungi. Selain bahaya kerusakan akibat sinar matahari yang jelas, garis-garis halus dan kerutan di bibir lebih mungkin berkembang lebih awal jika produk tak dilengkapi kandungan SPF.

4. Laser

Laser adalah perawatan multiguna karena bisa mengatasi garis halus, bekas jerawat hingga garis bibir.  Ada sejumlah jenis laser, salah satunya adalah laser ablatif yang bisa mengurangi lip lines.

Laser ablatif menyebabkan kerusakan pada kulit untuk merangsang penyembuhan luka, yang kemudian memproduksi kolagen, menurut dokter kulit bersertifikat Brendan Camp.

Prosedur ini menghasilkan hasil yang cepat, namun memiliki waktu pemulihan yang lebih lama dengan kulit kemerahan menurut dokter kulit bersertifikat Nancy Samolitis.

5. Lip Plumper

Dokter Shirazi juga menyebutkan lip plumper bisa membantu mengurangi garis bibir dan meremajakan kulit bibir. Oiya lip plumper adalah komestik untuk menebalkan dan memerahkan bibir agar tampak lebih bervolume. Berkat kandungan asam hialuronat, produk ini juga dapat membantu mengembalikan hidrasi.

6. Eksfoliasi

Menurut estetika selebriti, Candace Marino, salah satu kunci untuk mencegah atau mengurangi garis bibir adalah pengelupasan secara teratur. Pilihlah produk eksfoliasi yang lembut dan mengandung bahan anti penuaan.

7. Pijat

Salah satu cara termudah untuk mencegah bertambahnya garis bibir dengan memijat bibir setiap hari, menurut Marino.

“Pijat lembut dengan ibu jari dan telunjuk, bahkan mengetuk bibir pun akan membantu meningkatkan sirkulasi, meningkatkan warna dan volume bibir. Saya merekomendasikan ini setiap hari. Ini dapat dilakukan dengan mudah selama rutinitas perawatan mulut," katanya.

8. Pakai Krim Bibir

Perawat dokter kulit dan estetika, Natalie Aguilar, merekomendasikan penggunaan krim bibir yang kaya kandungan peptida dan antioksidan seperti Sqalane, yang memungkinkannya berfungsi sebagai pejuang anti-kerutan.

"Saya suka produk ini dapat benar-benar menyamarkan kerutan dan garis-garis halus yang telah muncul di sekitar bibir dan area mata," ucapnya.

9; Hindari Minum dari Sedotan

Sebagian besar garis dan kerutan disebabkan oleh gerakan otot, menurut Aguilar. Jadi, semakin banyak kamu menggerakan mulut ke posisi yang menyebabkan garis bibir seperti minum dari sedotan, maka semakin besar kemungkinan kamu menambah kemunculan garis bibir.

10. Microneedling

Menurut  dokter kulit bersertifikat Jennifer Herrmann, microneedling dengan frekuensi radio menambah panas bisa merangsang produksi kolagen dan mengencangkan kulit. Perawatan ini tidak invasif dan membutuhkan waktu pemulihan minimal.

11. Filler Bibir

Rekomendasi cara mencegah garis bibir selanjutnya adalah filler. Menurut dokter Bird, sejumlah kecil racun botulinum di bibir atas dapat membantu melemahkan otot yang mengelilingi bibir dan mempromosikan relaksasi garis bibir.

Pilihan Editor: 6 Cara Menjaga Kelembapan Bibir, Tak Cuma Pakai Lip Balm

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."