Gaya Fashion Titiek Soeharto Berbalut Wastra Nusantara, Baju Adat Bugis hingga Ragam Kebaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Titiek Soeharto/Foto: Instagram/Titiek Soeharto

Titiek Soeharto/Foto: Instagram/Titiek Soeharto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penampilan figur publik dan anggota DPR Titiek Soeharto selalu menarik perhatian karena sering mengunggan foto saat mengenakan wastra Nusantara berupa baju adat, kain hingga kebaya. Dalam acara-acara penting, ia kerap membagikan momen berbusana di akun pribadinya, mengenakan kebaya yang memancarkan aura glamor dan klasik.

Mantan istri Prabowo Subianto ini selalu tampil formal di setiap kesempatan. Pada saat pelantikan anggota DPR RI baru-baru ini, ia memilih kebaya berwarna emas muda dengan selendang pink yang lembut. Kombinasi warna netralnya membuatnya terlihat anggun dan menawan.

Berikut ini momen potret tampilanTitiek Soeharto mengenakan wastra Nusantara dalam beberapa acara:

1. Kebaya Kutubaru 

Kemudian pada peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024, Titiek Soeharto mengenakan pakaian adat baju Bodo dari suku Bugis khas Sulawesi Selatan berwarna merah dengan bawahan rok seperti sarung di Istana Merdeka.

Ia menghadiri apacara tersebut terlihat sangat menarik dengan hiasan aksesori emas di kalung yang berbentuk kepingan logam bunga besar , gelang, anting, dan mahkota yang menyerupai burung merak, mahkota tersebut dinamakan Saloko.

2. Baju Adat 

Ia juga sempat memakai pakaian yang sama (bajun adat Bugis), namun berbeda warna saat menghadiri Resepsi Pernikahan putri dari Sultan Pahang di Istana Kuantan, Pahang, Malaysia.  Sama seperti penampilan saat di Istana Merdeka, ia memakai aksesoris mahkota, anting, gelang dan kalung dengan warna emas mewah.

Sebenarnya dalam acara pernikahan tersebut, ia memakai 3 outfit yang berbeda. Yang pertama ia mengenakan Baju Bodo, lalu baju kebaya bercorak dengan dasar warna kuning dan selendang hijau saat upacara Malam Berinai Puteri Diraja, serta baju kebaya berwarna oranye terang. 

“Menghadiri pernikahan Tengku Afzan dan Idzam, putri dari Sultan Pahang di Instan Kuantan Pahang. Selamat menempuh hidup baru untuk kedua mempelai semoga berbahagia selalu," tulisnya di keterangan foto. 

Dari tiga gaya fashion yang ia kenakan terlihat sangat menarik dengan balutan busana tradisional saat menghadiri pernikahan putri Sultan Malaysia. 

3. Blouse dan Kain Batik 

Di lain unggahan, ia tampak anggun mengenakan blouse biru yang dipadukan dengan rok dan selendang batik berwarna hijau biru. Penampilannya tersebut, saat merayakan ulang tahun Al-Ghazali, putra Ahmad Dhani yang juga anggota DPR, ia juga membawa tas Gucci berwarna biru laut yang senada dengan pakaiannya.

Selain soal pakaian, Titiek Soeharto juga dikenal gemar menggunakan barang-barang bermerek. Hal ini terlihat dari tas mahal yang ia tampilkan di media sosial. 

Dalam keterangannya, ia menuliskan, “Ikut merayakan ulang tahun Al Ghazali @alghazali7 ke 27. Selamat ulang tahun, Al sayang.. semoga panjang umur, sehat wal'afiat, dan selalu disayang Allah. Aamiin.”

Tas yang ia kenakan menjadi perhatian netizen, yang bermerk Gucci Turquoise Leather Bamboo 1947, yang harganya mencapai AED 7.143 atau sekitar 30 juta rupiah.

4. Kebaya Kutubaru

Ia memakai kebaya Kutubaru warna hitam dengan model sederhana tetapi elegan. Ia menambahkan selendang berwarna fuschia menyala di pundaknya, dan aksesori bros berbentuk kupu-kupu di bagian dada.  Bagian bawahan, ia mengenakan rok kain batik berpaduan warna cokelat, oranye, dan biru. Dan sandal tali yang memberikan sentuhan yang sederhana namun tetap anggun.

5. Kebaya Kurung

Dalam unggahannya bersama ibu negara Iriana Jokowi dan Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono, ia menampilkan dirinya memakai kebaya berwarna biru tua. Kebaya tersebut di desain dengan bordir payet. Ia juga menyampirkan selendang dengan motif batik tradisional berwarna oranye bata dan biru. Selendang ini juga dihiasi dengan pola yang menarik dan diujungnya berupa rumbai-rumbai. Aksesori yang ia pakai berupa anting, gelang berwarna hijau, dan bros bunga di bagian dada.

Dari semua penampilannya tersebut, Titiek Soeharto memberikan gaya busana tradisional yang anggun dan berkelas. 

Pilihan Editor: Mengenal Lebih Dekat Titiek Soeharto, Berkarier di Politik sejak 2012

ZHAHIRA REKA FIRDANIA | INSTAGRAM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."