Mengenal 11 Tokoh Perempuan Calon Menteri dan Anggota Kabinet Prabowo-Gibran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA/Aprillio Akbar

Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA/Aprillio Akbar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, mengundang sekitar 108 tokoh ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin-Selasa, 14-15 Oktober 2024. Dari jumlah itu, ada 11 tokoh perempuan yang hadir. Mereka diisukan bakal menjadi calon menteri hingga wakil menteri. Siapa saja mereka?

1. Veronica Tan

Mantan istri dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Veronica Tan, diundang ke kediaman Prabowo pada Senin, 14 Oktober 2024. Dia dikabarkan akan menduduki kursi menteri di era Prabowo sebagai Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak atau Menteri PPA. Veronica hadir pukul 19.30 di kediaman Prabowo.

Ketika dikonfirmasi, dia menyatakan siap untuk ditempatkan di kabinet Prabowo mendatang. “Bersama-sama kita membantu, ya, untuk masyarakat, ibu-ibu, anak-anak. Jadi saya bilang 'Iya, siap Pak!',” kata Veronica saat awak media menanyakan posisinya di Kabinet Prabowo dan materi yang dibahas saat bertemu Prabowo.

2. Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA/Aprillio Akbar

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dipastikan kembali menjadi Menteri Keuangan di era Prabowo. Direktur kebijakan publik Celios, Media Wahyudi Askar, mengatakan, Prabowo butuh menteri keuangan yang berani untuk mengelola uang negara.

Menurut dia, Sri Mulyani selama ini berdiri di tengah-tengah kepentingan teknokrat dan politikus. “Di sisi lain, keinginan-keinginan dari politikus ada yang bisa diakomodir, ada yang tidak,” kata dia dikutip dari Tempo, Selasa, 15 Oktober 2024

3. Meutya Hafid

Politikus Partai Golkar Meutya Hafid menyapa wartawan setibanya di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA/Aprillio Akbar

Anggota DPR-RI sejak 2010 ini akan menduduki salah satu kursi menteri di era Prabowo. Dia diundang oleh Prabowo pada Senin malam, 14 Oktober 2024.

"Hari ini saya datang dan berdiskusi tentang tugas yang sudah menjadi bidang saya. Beliau mengajak untuk memperkuat tim beliau, di bidang saya pokoknya," kata Ketua Komisi I DPR ini saat ditemui di rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Meutya adalah mantan jurnalis di Metro TV dan pernah menjadi pembawa acara di beberapa program televisi. Dia lalu menekuni dunia politik dengan menjadi anggota DPR-RI pada 2010 sebagai perwakilan kader Golkar. Selanjutnya, pada 2019, Meutya menjabat sebagai Ketua Komisi I DPR.

4. Widiyanti Putri Wardhana

Pengusaha Widiyanti Putri Wardhana usai menemui Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang bakal menjadi calon Menteri/Kepala Lembaga negara untuk pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. TEMPO/M Taufan Rengganis

Salah satu pendiri Teladan Group, Widiyanti Putri Wardhana, diisukan akan menduduki jabatan menteri di era Prabowo. Dia adalah tokoh yang menorehkan karier cemerlang di bidang bisnis dan filantropi dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di berbagai industri.

Kesuksesannya di dunia bisnis didorong oleh kepemimpinan dan visi strategisnya. Widiyanti juga aktif di berbagai organisasi sosial, termasuk sebagai Ketua Yayasan Teladan Utama, pengawas di Yayasan Kawula Madani, serta menjabat Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia dari tahun 2018 hingga 2024.

5. Ribka Haluk

Gubernur Papua tengah Ribka Haluk tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA/Aprillio Akbar

Pejabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk, diundang oleh Prabowo ke kediamannya pada Senin, 14 Oktober 2024. Seusai pertemuan, Ribka mengatakan kepada awak media bahwa dia diminta bergabung dalam Kabinet Prabowo-Gibran.

Ribka pernah menjabat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai Staf Ahli bidang Aparatur dan Kepentingan Publik. Dia terlibat dalam pengembangan kebijakan dan program untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memperkuat kapasitas aparatur pemerintahan.

Setelah itu, karier Ribka mencapai puncaknya pada November 2022, ketika ia diangkat sebagai Pj Gubernur Papua Tengah. Dengan jabatan ini, Ribka menjadi perempuan pertama yang menduduki posisi tersebut di Tanah Papua.

6. Arifah Choiri Fauzi

Sekretaris Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama Arifah Choiri Fauzi usai menemui Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang bakal menjadi calon Menteri/Kepala Lembaga negara untuk pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. TEMPO/M Taufan Rengganis

Arifah diisukan akan menduduki salah satu kursi menteri di era kabinet Prabowo. Usai pertemuan di Kertanegara, Arifatul enggan mengungkapkan posisi yang akan diembannya di kabinet mendatang. Dia memilih menyerahkan kepada Presiden terpilih untuk menjelaskan ke publik. 

Arifah adalah Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (PP Muslimat NU). Dia juga aktif sebagai anggota Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (Infokom MUI).

Arifatul Choiri Fauzi pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

7. Christina Aryani

Politikus Partai Golkar Christina Aryani tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengundang sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Lembaga Negara. TEMPO/M Taufan Rengganis

Politisi Golkar, Christina Aryani, dikabarkan akan menjabat sebagai salah satu menteri di era Prabowo. Sebelum terjun penuh di dunia politik, Christina memiliki karier profesional sebagai penasihat hukum, dosen fakultas hukum, dan direktur eksekutif di berbagai perusahaan swasta.

Awal kariernya sebagai manajer produksi di Strategic Communication Laboratories (SCL Elections), lembaga konsultasi penelitian perilaku dan intervensi dengan kantor pusat di London, Inggris. Dia lalu memutuskan bergabung dengan Partai Golkar pada 2006.

8. Isyana Bagoes Oka

Politisi PSI Isyana Bagoes Oka tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengundang sejumlah tokoh yang bakal menjadi Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Lembaga Negara. TEMPO/M Taufan Rengganis

Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Isyana Bagoes Oka memenuhi undangan Prabowo ke kediamannya di Jalan Kertanegara pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Dia hadir bersama rombongan tamu undangan calon wakil menteri dan calon kepala badan lainnya, yakni Wakil Sekretaris TKN, Todotua Pasaribu; eks Wali Kota Bogor sekaligus Politikus PAN, Bima Arya; eks Staf Khusus Presiden, Aminuddin Ma'ruf; politikus Golkar, Christina Aryani; dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko.

9. Diana Kusumastuti

Diana Kusumastuti. Foto: brantas-abipraya.co.id.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, diundang ke kediaman Prabowo pada Selasa, 15 Oktober 2024. Dia kemungkinan akan menduduki salah satu kursi menteri atau wakil menteri di era pemerintahan Prabowo.

“Saya diminta untuk membantu beliau dalam pemerintahannya saat ini. Posisinya besok aja kan ya, jangan sekarang. Ya terkait infrastruktur," ucap dia usai bertemu Prabowo.

10. Stella Christie

'Guru Besar Tsinghua University, China, Stella Christie (kiri) dan Anggota Dewan Pembina PSI Giring Ganesha (kanan) tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengundang sejumlah tokoh yang bakal menjadi Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Lembaga Negara. TEMPO/M Taufan Rengganis

Profesor dari Universitas Tsinghua Cina, Stella Christie, menjadi salah satu tokoh perempuan yang diundang oleh Prabowo ke kediamannya. Dia adalah peraih gelar sarjana di Harvard University dengan gelar Magna Cum Laude with Highest Honor, 2004.

Dia lalu mendapat gelar pascasarjana dan doktoralnya di Northwestern University pada 2010.

11. Dyah Roro Esti

Politikus Partai Golkar Dyah Roro Esti Widya Putri tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengundang sejumlah tokoh yang bakal menjadi Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Lembaga Negara. TEMPO/M Taufan Rengganis

Politisi Golkar, Dyah Roro Esti, diundang Prabowo ke kediamannya. Usai pertemuannya dengan Prabowo, Dyah tidak banyak berbicara kepada awak media mengenai posisinya nanti di kabinet pemerintahan baru.

Nah Sahabat Cantika, itu dia 11 tokoh perempuan yang diundang ke rumah Prabowo dan akan menjadi menteri atau anggota Kabinet Prabowo-Gibran. Semoga dapat menginspirasi dan menjadi teladan buat perempuan ke depan!

Pilihan Editor: Profil dan Perjalanan Karier Ribka Haluk, Calon Menteri Prabowo

ILONA ESTHERINA I NANDITO PUTRA I SUKMA KANTHI NURANI I NOVALI PANJI SAPUTRA | ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."