Apa Saja Masalah Kulit yang Disebabkan Kuas Makeup Kotor?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan kuas makeup. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita menggunakan kuas makeup. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat kamu mengaplikasikan makeup, pernahkah terpikir bagaimana dengan kuas makeup dan perawatannya? Itu adalah hal yang bisa jadi jarang kamu pikirkan.  Kamu mungkin tidak menyadari betapa kotornya kuas makeup hingga kuas tersebut tidak berfungsi dengan baik lantaran kuas tersebut sudah terlalu kotor. 

Tahukah kamu, jika kuas makeup kotor dapat menyimpan lebih dari sekadar sisa produk. "Jika berbicara tentang kuas makeup, saya tidak bisa cukup menekankan betapa pentingnya menjaga kebersihannya untuk menjaga kesehatan kulit," kata Hannah Kopelman, M.D., dokter kulit bersertifikat dan pembawa acara podcast Derm Club. 

"Kuas makeup menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, dan sumbernya bisa dari kulit hingga lingkungan sekitar," jelas Donald B. Yoo, M.D., Dokter Bedah Plastik Wajah bersertifikat dan Direktur Medis HALO Beverly Hills Plastic Surgery & MedSpa.

Dia memberi tahu bahwa "mulai dari flora kulit umum seperti spesies Staphylococcus aureus dan Streptococcus hingga yang berasal dari usus seperti E. coli, dari keran air dan bak mandi air panas seperti Pseudomonas, dan bahkan jamur, dapat masuk ke kuas makeup dan berkembang biak dengan cepat."

Setelah kuman tersebut sampai di sana, mereka terus tumbuh. "Sungguh mengkhawatirkan betapa mudahnya mikroba ini berkembang biak di kuas, terutama jika disimpan di lingkungan lembap atau sering digunakan tanpa dibersihkan," jelas Kopelman.

Ilustrasi kuas makeup. shutterstock.com

Masalah Kulit Umum yang Disebabkan Kuas Makeup Kotor

Tidak mengherankan jika makhluk-makhluk menjijikkan di kuas Anda berpindah ke kulit Anda jika terus-menerus digunakan. Memindahkan bakteri, minyak, dan kotoran lain dari kuas rias yang kotor dapat menyumbat pori-pori dan saluran sebasea, sehingga memperparah proses peradangan yang menyebabkan timbulnya jerawat," kata Yoo. 

Kopelman mencatat bahwa "kombinasi minyak, sel kulit mati, dan bakteri pada kuas menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri penyebab jerawat untuk berkembang biak," dan menambahkan bahwa "hal ini khususnya mengkhawatirkan bagi pasien saya yang memiliki kulit sensitif atau rentan berjerawat—menggunakan kuas yang kotor dapat memperburuk kondisi ini."

Anda mungkin memperhatikan bahwa kuas rias yang kotor tidak terasa sama di kulit Anda dengan kuas yang bersih. "Saya juga memperhatikan bahwa selain jerawat, kuas yang kotor dapat sangat mengiritasi kulit," kata Kopelman 

 Yoo mengatakan hal itu karena "kelenjar sebasea yang terdapat di sepanjang folikel rambut di seluruh kulit mengeluarkan sebum sebagai lapisan pelindung untuk melembabkan dan melumasi kulit. Kuas makeup yang kotor mengganggu proses sekresi sebum ini dengan menyumbat saluran sebasea, sehingga menimbulkan peradangan dan kerusakan pada kulit Anda." Semakin lama Anda membiarkannya, semakin buruk jadinya. "Seiring waktu, saya melihat bagaimana penggunaan kuas yang tidak bersih dapat melemahkan lapisan alami kulit Anda, membuatnya lebih rentan terhadap iritasi dan infeksi," kata Kopelman.

Seberapa Sering Membersihkan Kuas 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."