Apa Saja Masalah Kulit yang Disebabkan Kuas Makeup Kotor?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan kuas makeup. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita menggunakan kuas makeup. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

Saat ini, Anda mungkin khawatir bahwa seberapa sering pun Anda membersihkan kuas, itu tidaklah cukup. Jika Anda seperti kebanyakan orang, itu sepenuhnya benar. Kedua ahli sepakat bahwa Anda harus membersihkan kuas rias seminggu sekali. "Pembersihan rutin adalah kunci untuk mencegah masalah kulit dan memastikan kuas berfungsi sebagaimana mestinya," kata Kopelman, yang mencatat bahwa "ketika pasien saya menjaga kuas mereka tetap bersih, mereka mengatakan riasan mereka lebih merata dan halus, yang membuat perbedaan besar pada tampilan keseluruhan."

Membersihkan kuas juga akan membuatnya lebih tahan lama. "Membersihkan kuas berdampak positif pada fungsinya," kata Kopelman. "Itu menjaga bulu kuas tetap lembut dan lentur, yang sangat penting untuk aplikasi riasan yang tepat." Namun, ia menambahkan peringatan.

 "Saya selalu menyarankan pasien saya untuk membersihkannya dengan hati-hati. Jika kuas tidak dibersihkan dengan benar atau dibiarkan kering dengan cara yang merusak bulunya, itu dapat memengaruhi kinerjanya." Untuk membersihkan kuas, Yoo merekomendasikan air hangat dan sampo bayi, lalu keringkan hingga rata, untuk meningkatkan keawetan dan fungsinya.

Kapan Kamu Harus Membuang Kuas

 "Membersihkan kuas secara teratur akan memperpanjang masa pakainya, tetapi begitu kuas tidak lagi berfungsi dengan baik, saya yakin sebaiknya Anda membeli yang baru," kata Kopelman.

 "Kuas makeup harus dibuang jika masih ada sisa residu meskipun sudah dibersihkan, atau bulunya sudah kehilangan fleksibilitas dan bentuk aslinya," saran Yoo. Kopelman merekomendasikan, "perhatikan kondisi kuas. Jika Anda melihat bulunya berjumbai, rontok, atau kehilangan bentuk, itu pertanda sudah waktunya untuk menggantinya."

Kuas makeup yang kotor dapat berbahaya bagi kulit Anda. Kuas dapat mengandung berbagai macam bakteri, mulai dari E. coli hingga jamur, yang membawa bakteri dan flora dari lingkungan tempat kuas disimpan dan kulit kamu sendiri. 

 Yang perlu kamu lakukan hanyalah membersihkannya seminggu sekali. Sikat gigi yang bersih akan bekerja lebih baik dan bertahan lebih lama. Pada akhirnya, sikat gigi perlu diganti dengan sikat gigi berkualitas tinggi dan terjangkau, tetapi semakin baik kamu merawatnya, semakin bermanfaat pula sikat gigi tersebut dalam jangka panjang.

Pilihan Editor: Kuas Makeup Rutin Dibersihkan Demi 3 Alasan Ini

BYRDIE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."