Benarkah Minum Teh Spearmint Bisa Membantu Mengatasi Jerawat?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minum teh spearmint bisa membantu atasi jerawat menurut sejumlah ahli. Termasuk dokter kulit klinis, Carl Thornfeldt yang mengklaim minum dua cangkir teh spearmint setiap hari dapat membersihkan jerawat lebih cepat ketimbang obat resep. Lantas apa yang membuat teh spearmint begitu efektif dalam membersihkan jerawat dan siapa yang bisa mendapat manfaat dari solusi perawatan kulit minty ini? 

Spearmint (Mentha spicata L.) adalah jenis tanaman mint yang biasa digunakan dalam makanan, tetapi juga menawarkan sifat obat.

"Telah didokumentasikan bahwa spearmint adalah yang paling kuat dari jenis tanaman mint lainnya dalam membunuh bakteri penyebab penyakit kulit dan ragi," ucap dokter Thornfedlt yang juga pendiri Epionce Skincare dikutip dari laman Byrdie.

Selain kaya sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, sebuah studi Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa teh spearmint juga tinggi antioksidan.

Teh Spearmint/Canva

Bisakah Teh Spearmint Mengatasi Jerawat?

Jawabannya tergantung pada kulit masing-masing, tetapi ada tanda-tanda yang menjanjikan bahwa minum teh spearmint dapat membantu mengatasi jerawat.

Dalam sebuah studi tahun 2015 oleh American Academy of Dermatology, dua cangkir teh spearmint organik yang dicerna setiap hari mengurangi lesi jerawat inflamasi sebesar 25 persen setelah satu bulan dan 51 persen setelah tiga bulan, menurut dokter Thornfeldt.

"Jika dibandingkan dengan 100 miligram minocycline resep yang dikonsumsi sekali sehari, setelah tiga bulan digunakan, minocycline mengurangi jumlah lesi jerawat sebesar 52 persen, tetapi itu menyebabkan efek samping pada sekitar 20 persen pasien. Sementara itu, teh spearmint menginduksi efek samping, bahkan tidak ada efek samping," ucap dokter Thornfeldt.

Chen menambahkan, "Penelitian mengusulkan bahwa teh spearmint memiliki sifat anti-androgenik termasuk pengurangan produksi sebum." Ini bisa menjadi hal yang baik bagi pemilik kulit rentan jerawat karena kelebihan sebum dapat menyebabkan pori-pori yang tersumbat, kulit berminyak, dan berjerawat.

Terlepas dari bukti anekdotal dan penelitian awal, dokter kulit Lucy Chen mengakui bahwa masih perlu penelitian lagi untuk memahami dengan tepat bagaimana teh spearmint memengaruhi kulit.

"Saya akan mengatakan bahwa penelitian menunjukkan beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengan minum teh spearmint, namun penelitian tambahan diperlukan ke beberapa propertinya untuk mengklaim jika minum teh spearmint adalah obat-obatan untuk semua jerawat," katanya.

Jadi diperlukan lebih banyak penelitian yang perlu dilakukan untuk membuktikan secara definitif apakah teh spearmint adalah obat untuk jerawat, tetapi hasil studi yang ada saat ini terbilang menjanjikan. 

Pilihan Editor: Saat Kamu Berjerawat, Dokter Sebut Hindari 10 Bahan Ini

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."