Berikut 6 Step dalam Rutinitas Skincare Malam, Demi Wajah Sehat dan Glowing

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi cuci muka. Shutterstock

Ilustrasi cuci muka. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti rutinitas perawatan kulit atau skincare pagi, rutinitas skincare malam berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Menurut dokter kulit Carl Thornfeldt, kulit memasuki fase memperbaiki saat tidur, jadi rutinitas perawatan kulit malam hari dibutuhkan agar kulit sehat.

"Selain itu, tidak ada stresor lingkungan di malam hari seperti polusi lingkungan dan kerusakan akibat sinar matahari saat kita tidur," katanya dikutip dari laman Byrdie.

Bukan cuma itu, produk skincare juga bisa menembus lebih baik saat tidak memakai riasan dan kulit bisa lebih bernapas.

Berikut langkah demi langkah rutinitas skincare malam yang direkomendasikan dokter.

Langkah Pertama: Hapus Makeup

Dokter kulit Anna Guanche merekomendasikan pembersihan ganda atau double cleansing saat menghapus riasan atau makeup beserta tabir surya, minyak, dan kotoran lainnya yang menempel di wajah.

Dia merekomendasikan pembersih yang lembut seperti cleansing balm atau micellar water. Kamu juga bisa menggunakan penghapus makeup berbasis minyak dengan kapas jika kamu memakai riasan tahan air.

Langkah Dua: Pembersih Wajah yang Lembut

Apa pun jenis kulit kamu, pembersih wajah yang lembut tidak akan melucuti kulit dari minyak alami dan mengganggu mikrobioma kulit. Dokter Thornfeldt mengatakan jenis kulit yang sensitif dan kering wajib menggunakan pembersih wajah yang menghidrasi, sementara jenis kulit berminyak dan rentan jerawat dapat memilih pembersih wajah berbusa yang lembut.

Langkah Tiga: Perawatan Target atau Spot

Langkah ini untuk mengaplikasikan produk untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti serum untuk hiperpigmentasi atau produk jerawat resep seperti tretinoin. Namun, penting untuk dicatat bahwa resep retinoid dan perawatan spot bekerja paling baik pada kulit kering, jadi sebaiknya biarkan kulit kering selama sekitar 20 menit setelah membersihkan wajah sebelum memakai produk perawatan dengan bahan aktif.

Langkah Empat: Serum Asam Hialuronat

Asam hialuronat adalah bahan melembapkan untuk jenis kulit apa pun terutama jika kamu memiliki kulit kering. Namun, serum asam hialuronat tidak dianggap sebagai langkah "wajib" dalam rutinitas perawatan kulit malam. Tambahkan setelah perawatan yang ditargetkan atau cari pelembap yang mengandung asam hialuronat untuk menyelesaikan dua langkah dalam satu.

Langkah Lima: Krim Mata

Krim mata digunakan sebagai bentuk perawatan pencegahan. Pilihlah krim mata dengan formula peptida, yang meningkatkan hidrasi dan membantu mengencangkan kulit untuk menghaluskan garis -garis halus serta kerutan.

Langkah Enam: Selalu Melembapkan

Setiap jenis kulit harus mengakhiri rutinitas skincare malam dengan pelembab, bahkan jika kulit kamu berminyak atau rawan jerawat. Dokter Thornfeldt merekomendasikan pelembap untuk membantu meremajakan kesehatan kulit.

Dengan kata lain, pilih pelembap menghidrasi yang tidak akan menyumbat pori-pori kamu seperti asam hialuronat. Jika kamu melewatkan langkah ini, kulit mungkin terasa kencang dan sangat kering.

Bagi pemilik kulit rentan berjerawat, pilih pelembap dengan formula bebas minyak yang masih mengisi kulit dengan kelembapan yang dibutuhkan tanpa menambahkan minyak berlebih ke pori-pori.

Pilihan Editor: Rutinitas Skincare Pakai Retinol dan Salicylic-acid, Ini Ketentuannya

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."