Cara Mengetahui Sampo Kedaluwarsa, Lihat Perubahan Warna atau Aroma

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi memilih sampo. Shutterstock

Ilustrasi memilih sampo. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semua produk kecantikan bisa kedaluwarsa, termasuk sampo. Jika sampo belum dibuka bisa bertahan sekitar dua hingga tiga tahun. Namun lain ceritanya setelah dibuka, penanda sampo kedaluwarsa tergantung pada tanggal periode setelah pembukaan (PAO).

"Sebagian besar sampo akan bertahan selama 18 bulan setelah dibuka," kata ahli kimia kosmetik Vince Spinnato dikutip dari laman Real Simple. Jika botol sampo belum pernah dibuka, bisa bertahan tiga tahun sejak tanggal pembelian.

Beberapa produk sampo memiliki nomor PAO (periode setelah pembukaan) yang tertera di bagian belakang, diberi label 12m, 18m, atau 24m, di mana M berarti bulan.

Nah, sebagian besar dari kita mungkin tidak ingat saat membuka sampo. Untuk mengetahui apakah sampo kedaluwarsa atau tidak, berikut beberapa cara mengetahuinya."Warna, tekstur, dan bau sampo akan berubah ke titik yang tidak terlihat atau berbau yang seharusnya," kata Spinnato.

Menurut David Petrillo, ahli kimia kecantikan kosmetik yang berbasis di Amerika, ciri lain sampo kedaluwarsa adalah komponen kimia terpisah. Sederhananya, sampo kedaluwarsa memiliki bau aneh, berubah warna, atau tampaknya tidak berbusa seperti dulu. 

Risiko Pakai Sampo Kedaluwarsa

Salah satu risiko menggunakan sampo kedaluwarsa bisa menyebabkan rambut tampak kusam dan kotor karena kandunagn produk tidak lagi stabil. Perubahan kimia sampo juga dapat menyebabkan gatal atau iritasi pada kulit kepala. Setelah itu, jamur dan bakteri mulai tumbuh, berpotensi memicu jerawat bakteri atau penyakit jamur pada kulit kepala.

"Menggunakan sampo kadaluwarsa berpotensi berbahaya karena bahan-bahannya tidak dimaksudkan untuk diterapkan dengan cara ini atau untuk menembus kulit yang terpisah," kata Petrillo.

Cara Membuat Sampo Bertahan Lebih Lama

- Tutup tutup botol dengan kencang setelah digunakan untuk meminimalkan paparan air dan kelembapan.

- Jauhkan produk dari sinar matahari, yang dapat menurunkan bahan aktif dan menyebabkannya rusak lebih cepat.

- Simpan sampo yang belum dibuka di tempat yang sejuk dan gelap karena panas dan cahaya dapat memecah formula sampo, mengurangi efektivitas baha-bahan di dalamnya.

Itulah kilasan informasi singkat seputar cara mengetahui sampo kedaluwarsa. Semoga bisa membantu Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Sampo Bisa Sebabkan Rambut Rontok? Bahan-bahan Ini Patut Diwaspadai

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."