Mengulik Taurin yang Diklaim Bisa Memperlambat Penuaan pada Kulit Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Sahabat Cantika belum pernah mendengar tentang taurin dalam perawatan kulit wajah maka teruskan untuk membaca. Taurin adalah bahan yang secara alami ditemukan dalam tubuh kita dan digunakan baik secara topikal maupun oral. Klaim di balik taurin sangat mengesankan, mulai dari kemampuannya untuk membantu mencegah hilangnya kelembapan hingga manfaat anti-inflamasi, yang secara teoritis merupakan anti-penuaan yang ampuh. 

Dokter kulit bersertifikat yang berdomisili di New York City mengatakan taurin adalah asam amino, dan, perlu diingat, asam amino adalah bahan penyusun protein. Taurin terjadi secara alami di dalam tubuh kita, tetapi kita juga mendapatkannya melalui makanan dengan sumber utamanya berasal dari protein hewani. Taurin juga ditemukan di kulit kita. Lebih khusus lagi, "Taurin terutama ditemukan di epidermis yang berperan dalam membantu mengendalikan kadar air kulit," jelas Dr. Gmyrek.

Terkait pentingnya taurin, "Taurin dapat membantu rehidrasi dan mengurangi kehilangan air. Taurin juga dapat bertindak sebagai antioksidan dan antiradang," kata Dr. Gmyrek. Semua hal tersebut merupakan anugerah besar dalam hal penuaan kulit, yang secara alami menjadi lebih kering seiring bertambahnya usia, belum lagi lebih rentan terhadap peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas. 

Selain itu, perlu dicatat juga bahwa kadar taurin alami kita menurun seiring bertambahnya usia, catatnya. Kedengarannya seperti hal yang wajar untuk ditambahkan ke dalam rangkaian perawatan kulit anti-penuaan bukan? Ya, tetapi ada satu peringatan besar. "Ada sangat sedikit penelitian yang meneliti taurin topikal," ia memperingatkan.

Di laboratorium, taurin terbukti membantu meningkatkan hidrasi dan produksi ceramide dan asam hialuronat—dua bahan lain yang penting untuk kulit yang sehat dan awet muda. Namun, masih belum ada cukup data yang mendukungnya dengan cara yang sama seperti yang ada untuk topikal anti-penuaan lain yang lebih terbukti, seperti retinoid atau asam glikolat.

Kita berbicara tentang taurin topikal, tetapi perlu disebutkan bahwa taurin oral mungkin juga bermanfaat bagi kulit. Misalnya, Dr. Gmyrek mencatat bahwa taurin terbukti dapat mengurangi pembentukan kerutan yang disebabkan oleh radiasi UV—meskipun penelitian tersebut dilakukan pada tikus, bukan manusia, katanya. 

Cara menggunakan taurin dalam rutinitas perawatan kulit

Baiklah, jadi haruskah kamu mempertimbangkan untuk menggunakan taurin? Singkatnya, tidak ada salahnya. Menurut Dr. Gmyrek, tidak ada efek samping yang diketahui dari bahan tersebut, bahkan ketika dikonsumsi secara oral, juga tidak ada bahan yang tidak cocok dengannya. 

Pilihan terbaik ialah carilah taurin dalam formula yang dikombinasikan dengan bahan lain yang lebih terbukti efektif. Dr. Gmyrek mengatakan bahwa taurin kemungkinan akan sangat bersinergi jika dipasangkan dengan bahan yang menghidrasi seperti gliserin, mengingat kemampuannya untuk membantu mencegah hilangnya kelembapan.

Pilihan Editor:  Manfaat Peptida untuk Perawatan Kulit, Cegah Penuaan dan Hiperpigmentasi

REAL SIMPLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."