Erina Gudono Posting Hidangan Omakase, Masakan Jepang Racikan Koki

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Omakase yang diunggah Erina Gudono di laman Instagram story-nya/Foto: Instagram/Erina Gudono

Omakase yang diunggah Erina Gudono di laman Instagram story-nya/Foto: Instagram/Erina Gudono

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaErina Gudono kembali disebut flexing oleh warganet  usai pamer gaya hidup mewah mengonsumsi masakan omakase masakan Jepang. Istri Kaesang Pangarep ini dianggap memamerkan kembali gaya hidup mewah setelah membagikan unggahan menikmati hidangan mewah omakase ala Jepang usai melahirkan anak pertamanya di rumah sakit.

Momen itu dibagikan melalui media sosial Instagram pribadinya pada Kamis, 17 Oktober 2024. Melalui Instagram Story, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) merekam momen seorang juru masak tengah menyiapkan sajian sushi dengan sepotong ikan tuna berukuran besar yang siap diolah. 

Terlihat dalam video jika sajian omakase itu disiapkan oleh restoran Jepang, Zutto. "Terima kasih omakase di rumah sakitnya @kaesangp. Akhirnya bisa makan sushi sashimi nigiri lagi," tulis Erina Gudono dikuip Jumat, 18 Oktober 2024. 

Apa Itu Omakase 

Omakase, konsep makan yang sering diterapkan di restoran sushi. Konsep makan ini berbeda dari kebanyakan restoran karena tamu tak tahu hidangan yang akan disajikan. Tamu menyerahkan sepenuhnya menu kepada koki, yang akan membuat hidangan musiman, elegan, artistik, dan menggunakan bahan-bahan terbaik yang tersedia.

Dilansir Michelin Guide, omakase berarti "Saya serahkan pada Anda." Dalam bukunya The Story of Sushi, akademisi dan penulis Trevor Corson mengatakan tamu biasanya duduk di bar sushi dan mengatakan "omakase". Itu berarti dia memesan makanan tetapi bukan dari menu. Bar sushi kelas atas di Jepang bahkan tidak memiliki menu.

Muncul pada 1990-an

Banyak yang mengira tradisi makan ini sudah ada sejak berabad-abad lalu. Menurut livejapan.com, tradisi ini berasal dari restoran sushi, tempat istilah tersebut dipopulerkan selama 1990-an.

Sebelum tahun 90-an, restoran sushi sulit berkembang. Harganya bisa relatif mahal, dan para pencinta kuliner yang benar-benar tahu seluk-beluk ikan biasanya menikmati sushi yang dibuat dengan teknik khusus. Mereka sering melakukannya tanpa minum banyak alkohol, sebagai bentuk penghormatan terhadap keterampilan para koki sushi.

Kemudian datanglah gelembung ekonomi Jepang. Banyak pendatang baru mendatangi gerai-gerai sushi. Dengan kantong penuh uang, mereka datang ke restoran sushi kelas atas. Kebayakan mereka tidak tahu jenis ikan, tapi ingin makanan yang istimewa. Dari situlah muncul konsep omakase. Tamu memesan sushi dan menyerahkan sepenuhnya kepada koki.

Cara Koki Menentukan Hidangan

Para koki pun menikmati omakase karena bisa menyajikan ikan dan bahan-bahan lain yang mereka miliki, tanpa mengecewakan pelanggan jika tidak tersedia. 

Selama persiapan omakase, koki berinteraksi dengan para tamu dan membaca reaksi mereka, dengan fokus pada kebutuhan dan selera mereka untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan. Orang yang memilih hidangan omakase harus siap melewati makan yang panjang dan santai. 

Di Jepang, pengalaman omakase juga tersedia untuk makan siang, anggur, koktail, gaya rambut, bahkan pakaian dan liburan.

Pilihan Editor:  3 Fakta Lobster Roll, Roti Viral Erina Gudono 

MILA NOVITA | MICHELIN GUIDE | LIVEJAPAN | BRITANNICA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."