Gandeng Prada, Axiom Space Rancang Spacesuit Astronaut NASA ke Bulan 2026

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Suitspace AxEMU, kolaborasi Axiom Space dan Prada. Foto: Instagram/@axiom.space

Suitspace AxEMU, kolaborasi Axiom Space dan Prada. Foto: Instagram/@axiom.space

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaAstronaut NASA akan mendarat di Bulan dengan gaya untuk misi yang akan datang. Pada Rabu, 16 Oktober 2024, Axiom Space, sebuah perusahaan yang berbasis di Houston yang mengatur misi untuk astronaut swasta dan nasional, mengumumkan mereka telah bermitra dengan rumah mode Prada untuk membuat pakaian luar angkasa Axiom Extravehicular Mobility Unit (AXEMU), yang akan digunakan untuk Misi Artemis III NASA di Bulan pada 2026.

Spacesuit berwarna putih itu berdetail garis-garis abu-abu dan merah, memiliki antarmuka kontrol jas dengan pemantauan biometrik, sarung tangan buatan dan sepatu bot yang direkayasa untuk menahan suhu Bulan serta medan yang kasar, menurut siaran pers.

Spacesuit ini juga dilengkapi helm dan pelindung yang disertai kamera HD, lampu, dan komunikasi 4G/LTE untuk meningkatkan pandangan astronaut tentang lingkungan sekitar.

Fitur penting lainnya adalah paket persegi di bagian belakang, yang dirancang untuk membantu para astronaut menahan suhu ekstrem di daerah bayangan bulan selama setidaknya dua jam, sesuatu yang kemungkinan akan digunakan para astronaut saat menjelajahi Kutub Selatan Bulan selama misi.

Spacesuit ini memiliki sistem penggosok C02 yang dapat diregenerasi dan teknologi pendingin untuk menghilangkan panas dari sistem.

"Tim elit kami telah mendefinisikan kembali pengembangan pakaian antariksa, membangun jalur baru untuk solusi inovatif dan menerapkan pendekatan desain canggih untuk Axemu," kata Presiden Axiom Space dalam sebuah pernyataan dalam rilis tersebut dikutip dari laman People, Rabu, 16 Oktober 2024.

"Kemitraan Axiom Space-Prada telah menetapkan model dasar baru untuk kolaborasi lintas-industri, lebih lanjut memperluas apa yang mungkin di ruang komersial," ujarnya.

Perusahaan mencatat bahwa desain spacesuit itu tidak hanya untuk tujuan estetika, tetapi juga untuk kepraktisan. Setelan tersebut dirancang untuk meningkatkan kenyamanan para astronaut selain meningkatkan fungsi spacesuit.

Peran Prada dalam Rancangan Spacesuit AxEMU

Perusahaan ini juga mencatat bahwa pengetahuan mendalam Prada tentang bahan dan proses produksi berperan besar dalam pengembangan lapisan penutup spacesuit. Rumah mode asal Italia itu juga merekomendasikan fitur yang akan melindungi astronaut dari tantangan unik lingkungan Bulan dan secara visual menginspirasi eksplorasi ruang angkasa di masa depan. 

Axiom Space mengatakan spacesuit AxEMU mendekati tahap pengembangan akhir dan telah menjalani pengujian ekstensif sementara di bawah air untuk mensimulasikan lingkungan Bulan di NASA's Netral Buoyancy Laboratory (NBL) dan mengurangi simulasi gravitasi di Johnson Space Center NASA.

Spacesuit ini juga telah berhasil menyelesaikan simulasi bertekanan, yang merupakan tes pertama dari jenisnya sejak era Apollo.

Axiom Space mengatakan spacesuit itu akan terus menjalani pengujian dengan tes bawah air dan tes terintegrasi dengan prototipe kendaraan medan Lunar Artemis sebelum memasuki fase tinjauan desain kritis tahun 2025.

Artemis III dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun 2026 setelah dua misi uji Artemis, dan akan menandai kembalinya manusia ke permukaan bulan dalam lebih dari 50 tahun, menurut NASA. Misi ini akan menjadi kali pertama manusia menjelajahi Kutub Selatan Bulan.

Pilihan Editor: Cerita Rutinitas Kecantikan Mantan Astrounaut NASA, Kuncinya Banyak Koreografi

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."