5 Alasan Pentingnya Batasan dalam Hubungan Asmara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat menjalin hubungan, wajar bagi kamu dan pasangan ingin terus terlibat tentang kehidupan satu sama lain. Namun, cinta dapat dengan cepat berubah menjadi obsesi ketika  mulai menguasai ruang satu sama lain dan meninggalkan sedikit ruang untuk 'bernapas'. Maka dari itu, pentingnya kamu dan pasangan menerapkan batasan dalam hubungan agar ruang bertumbuh pribadi tidak terkukung.

Berikut lima alasan mengapa pentingnya menciptakan batasan dalam hubungan.

1. Merasa Aman

Mempertahankan batasan yang jelas tidak hanya menciptakan keamanan untuk kamu, tapi juga pasangan. Sekali lagi membuat batasan tidak berarti kamu mendorong pasangan pergi atau menjauh, ini langkah bersama untuk menjaga kewarasan dan menciptakan ruang aman.

2. Meningkatkan Sikap Saling Menghargai

Ketika kamu dan pasangan mengetahui batasan masing-masing, maka kalian berdua saling menghargai saat membutuhkan waktu pribadi. Kalian berdua juga akan berupaya menekan gangguan atau distraksi ketik melakukan hobi favorit masing-masing

3. Memperkuat Hubungan

Ketika dalam suatu hubungan, pengaturan batas dapat membantu memperkuat hubungan karena kamu akan saling memberi ruang dan waktu untuk tumbuh secara individual. Batasan ini juga akan membangun kepercayaan, yang akan menekan konflik dan meningkatkan keintiman.

4. Kemandirian

Ketika kamu menetapkan batasan, kamu merasa mandiri. Langkah ini memberi waktu dan ruang bagi kamu dan pasangan untuk melakukan pertumbuhan dan pencapaian pribadi. Hal ini juga membantu kamu menghormati kebutuhan dan nilai diri sendiri dan mengurangi konflik.

5. Membantu Membangun Hubungan Sehat

Jika kamu menetapkan batasan dalam hubungan, memahami dan percaya satu sama lain, dan memberikan satu sama lain waktu dan ruang untuk mencapai ambisi dan tujuan, ini adalah tanda -tanda hubungan sehat.

Pilihan Editor: 5 Cara Memperkuat Ikatan Emosional dalam Hubungan Asmara

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."