4 Produk Ini Tidak Ada dalam Pakaian Vegan, Pilihan Berbusana tanpa Unsur Hewan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi vegan. Foto: Freepik.

Ilustrasi vegan. Foto: Freepik.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak mudah menjadi seorang vegan. Melepaskan diri dari menggunakan unsur hewan tampak sulit-sulit mudah.

Berkomiten menjadi vegan berarti siap tidak menggunakan bahan apapun yang berbahan utama dari hewan. Mulai dari tas, dompet, pakaian, dan sebagainya.

Berbagai industri pakaian pun kini mengubah bahan utama mereka mencari alternatif sintetis lainnya. Dalam beberapa tahun belakangan, produk fashion vegan ini menjadi pesat. 

Pakaian vegan adalah produk fashion apapun yang tidak mengandung bahan apapun yang berasal dari hewan. Bahan non vegan ini adalah bulu, kulit, wol, sutra, hingga rambut binatang yang tampak eksotis.

Belakangan, berbagai produk fashion menyatakan kepedulian dan kecintaanya pada hewan. Lalu apa saja sebenarnya produk yang tidak digunakan oleh para vegan, mengapa pula hal ini dilarang?

1. Kulit

Melansir dari preetu planeteer, berbagai aksesoris banyak dibuat dari kulit hewan. Yakni sapi, domba, ular, dan buaya.

Binatang-binatang ini disembelih tiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhan industri kulit. Untuk dapat diubah menjadi kulit, kulit hewan ini dicampurkan dengan zat berbahaya, semacam garam mineral, formaldehida, pewarna, serta bahan pelapis berbahan dasar sianida.

2. Wol dan bulu

Bahan ini digunakan untuk membuat pakaian luar, pakaian dasar, karpet, dan aksesoris dasi. Di tempat pencukuran bulu, telinga domba dilubangi, ekornya dipotong. Pun domba jantan dikebiri tanpa obat penghilang rasa sakit. 

3. Bulu halus dan bulu

Bahan ini digunakan sebagai bantalan untuk pakaian luar dan selimut. Bulu halus dan bulu berasal dari angsa dan bebek.

Bulu halus cenderung lebih mahal harganya daripada bulu biasa. Karena tidak memiliki duri. Pengambilannya cukup kejam, para angsa dan bebek direnggut secara paksa saat usia 10 minggu. 

4. Sutra

Sutra digunakan sebagai bahan pokok dan aksesoris mewah. Bahan ini didapati dari kepompong larva, sekitar 3.000 ulat. Cara mendapatinya, sutra dibunuh untuk hasilkan satu pon sutra. Dengan cara direbus atau diberi gas hidup-hidup lalu ditunggu metamorfosisinya.

Itu dia 4 bahan pakaian yang diambil dari tubuh hewan. Bahan-bahan ini tentu dihindari bagi orang yang memilih hidup vegan, termasuk memakai pakaian vegan.

Pilihan Editor: Lini Makeup Lady Gaga Sabet Penghargaan, Alas Bedak Vegan yang Ramah Lingkungan

ELLYA SYAFRIANI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."