Suasana Haru Retno Marsudi Purnatugas sebagai Menteri Luar Negeri: Saya Pamit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Jakarta usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi, Kamis, 18 April 2024. TEMPO/Daniel A. Fajri

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Jakarta usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi, Kamis, 18 April 2024. TEMPO/Daniel A. Fajri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Pecah tangis haru Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat berpamitan dengan sejumlah pegawai Kementerian Luar Negeri (Kemlu), rumah dia berkarya selama 10 tahun ini. Seperti diketahui Retno menjabat sebagai menteri luar negeri selama dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi. 

"Saya pamit, ya," ujarnya dikutip dari video yang dibagikan di Instagram pribadinya pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

Dia terdiam sejenak menarik napas panjang, tertunduk lalu menangis haru. Dia langsung mengambil tisu untuk menutup hidung dan mulutnya serta menjauh dari mic. Tak cuma Retno yang diliputi rasa haru, sejumlah pegawai Kemenlu pun tampak menangis.

Untuk menyemangati Retno, mereka kompak bertepuk tangan. Beberapa saat kemudian, Retno mulai merangkai kata perpisahan yang penuh rasa terima kasih dan maaf.

"Saya ga bisa bicara. Profesi saya cuma satu sebagai diplomat. Sudah hampir 40 tahun saya berada di rumah ini. Maafkan saya. Ini hal terbaik yang bisa saya lakukan untuk Indonesia dan kita semua. Jagalah rumah ini dengan baik, teman-teman. Jagalah," ucapnya.

"So thank you very much for standing by me. Thank you for supporting me. And thank you for being there for me. And you will always in my heart. Sekali lagi, aku pamit ya, teman-teman," tutupnya.

Beranjak dari podiumnya, Retno berjalan beberapa langkah lalu membungkukan tubuhnya ke hadapan sejumlah pegawai Kementerian Luar Negeri sebagai bentuk terima kasih.

Setelah itu, Retno tampak bersalaman dan berfoto dengan para pegawai. Dia juga terlihat pamitan dengan pegawai Kemlu lainnya lewat panggilan video. Dia juga terlihat sekali lagi membungkuk saat itu.

Di keterangan videonya, Retno menulis para pegawai di Kemlu sudah seperti keluarga untuknya.

"Hari ini, saatnya aku harus pamit kepada seluruh “keluargaku” di Kemlu. Mereka selalu bersama dalam suka dan duka, jatuh bangun bersama, menavigasi politik luar negeri selama 10 tahun ini. Terima kasih teman-teman. Saya pamit… tapi tetaplah menjadi saudaraku, selamanya," ucap sahabat Sri Mulyani itu.

Usai purnatugas sebagai Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno ditunjuk sebagai Utusan Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres untuk Urusan Air dalam rangka memajukan agenda air sedunia.

Sebagai utusan khusus, dia akan ditugaskan mendorong sinergi antara pemangku kepentingan dalam urusan air untuk mendukung pencapaian target air dunia, seperti target nomor 6 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030, serta mempersiapkan Konferensi Air PBB 2026.

Retno Marsudi akan mulai bertugas sebagai Utusan Khusus PBB pada 1 November 2024.

Pilihan Editor: Gaya Kompak Bestie Sri Mulyani dan Retno Marsudi Berkunjung ke IKN

 

INSTAGRAM | TEMPO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."