Makna Warna Kebaya Iriana dan Selvi Ananda di Pelantikan Prabowo-Gibran, Simbol Tanah Air

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Iriana Joko Widodo bersama Wury Estu Handayani, dan Selvi Ananda saat momen pelantikan Presiden dan Wapres Prabowo-Gibran di Gedung Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024. Foto: YouTube/Sekretariat Presiden.

Iriana Joko Widodo bersama Wury Estu Handayani, dan Selvi Ananda saat momen pelantikan Presiden dan Wapres Prabowo-Gibran di Gedung Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024. Foto: YouTube/Sekretariat Presiden.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Busana istri mantan Presiden Joko Widodo, Iriana, serta menantunya, Selvi Ananda, ikut mencuri perhatian. Iriana tampak anggun dan sederhana dengan kebaya putih dan kain cokelat. Sedangkan Selvi, istri wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, tampak mewah dan elegan dengan kebaya modern berwarna merah.

Pengamat Mode dari Indonesia Fashion Chamber (IFC) Lisa Fitria mengartikan kebaya yang digunakan oleh mertua dan menantu itu menjadi simbol kecintaan terhadap Tanah Air mengingat keduanya serasi menampilkan warna Bendera Indonesia yaitu Merah Putih lewat pilihan busananya.

"Warna merah dan warna putih yang dipakai Mbak Selvi dan Bu Iriana itu menyimbolkan kecintaan akan Indonesia ya, karena kan warna merah putih kan warna bendera kita gitu," kata Lisa dikutip dari Antara, Minggu, 20 Oktober 2024.

Lisa mengatakan jika membedah masing-masing pilihan gaya, maka sebenarnya pilihan kebaya sebagai busana yang digunakan Selvi Ananda dan Iriana Joko Widodo ingin menegaskan posisi kebaya sebagai busana ciri khas bagi wanita Indonesia dalam berbagai acara termasuk acara kenegaraan.

Selvi Ananda/Foto: Instagram/Bennu Sorumba

Gaya Kebaya Selvi Ananda 

Untuk Selvi Ananda, menurut Lisa kebaya merah yang dipilihnya tersebut telah mengalami modifikasi menjadi kebaya modern. Meski telah disesuaikan dengan sentuhan-sentuhan kekinian agar sesuai dengan perkembangan zaman, roh dari busananya tetap menunjukkan siluet kebaya.

Presiden ketujuh RI Joko Widodo bersama Istri Iriana Joko Widodo memberi hormat dan salam saat akan memasuki pesawat Boeing 737 milik Angkatan Udara untuk bertolak ke Solo di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024. Joko Widodo bersama Istri bertolak menuju kediamannya di Solo, Jawa Tengah, usai selesai menjabat sebagai Presiden selama dua periode. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Gaya Kebaya Iriana

Sementara untuk pilihan kebaya Iriana Joko Widodo yang berwarna putih, Lisa mengatakan kebaya tersebut masuk dalam golongan kebaya tradisional Jawa. Jika dilihat sekilas kebaya tersebut, terlihat sederhana namun tetap ada detail-detail keindahan budaya dari corak kain yang dikenakan oleh Ibu Negera ke-7 Indonesia itu.

"Itu mungkin untuk merepresentasikan bahwa itu ciri khas orang Indonesia, jangan lupa dengan pakaian adat dan budayanya," kata Lisa.

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menandatangani naskah berita acara dalam Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2024-2029. TEMPO/M Taufan Rengganis

Pelantikan Prabowo-Gibran

Dalam kesempatan pengucapan sumpah jabatan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 pasangan pemimpin itu mengenakan pakaian adat Betawi untuk acara kenegaraan, yakni pakaian adat Ujung Serong.

Pilihan busana tersebut menarik mengingat pertama kalinya dalam sejarah penggunaan pakaian adat dilakukan dalam proses pengucapan sumpah Presiden dan Wakil Presiden.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024 - 2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI itu juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

Pilihan Editor: Potret Anggun Selvi Ananda dalam Ragam Kebaya, dari Encim hingga Kutubaru

ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."