Menteri Perempuan Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran, Sri Mulyani hingga Widiyanti Putri Wardhana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Menteri Keuangan Sri Mulyani tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA/Aprillio Akbar

Menteri Keuangan Sri Mulyani tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA/Aprillio Akbar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto mengumumkan susunan kabinet pemerintahan periode 2024-2029. Kabinet Merah Putih mencakup tujuh kementerian koordinator dan 41 kementerian teknis. Asisten Pribadi Prabowo, Mayor (Inf) Teddy Indra Wijaya alias Mayor Teddy,  didapuk menjadi Sekretaris Kabinet. 

Sementara nama-nama yang diprediksi sebelumnya juga masuk daftar seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia, dan Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin juga diumumkan oleh Prabowo.

Berikut daftar menteri perempuan berdasarkan pantauan Cantika 

1. Sri Mulyani - Menteri Keuangan 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers Hasil Rapat Berkala KSSK IV Tahun 2024 di Gedung Thamrin, Bank Indonesia (BI), Jumat, 18 Oktober 2024. Meskipun tekanan sudah mereda tetapi KSSK tetap mewaspadai tekanan yang terjadi pada perekonomian dunia. TEMPO/Tony Hartawan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali menjadi Menteri Keuangan di era Prabowo. Direktur kebijakan publik Celios, Media Wahyudi Askar, mengatakan, Prabowo butuh menteri keuangan yang berani untuk mengelola uang negara. Menurut dia, Sri Mulyani selama ini berdiri di tengah-tengah kepentingan teknokrat dan politikus. “Di sisi lain, keinginan-keinginan dari politikus ada yang bisa diakomodir, ada yang tidak,” kata dia dikutip dari Tempo, Selasa, 15 Oktober 2024.

Sri Mulyani pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik Asia pada tahun 2006 oleh Emerging Markets Forum pada 18 September 2006 di IMF-World Bank Group Annual Meetings di Singapura.

Perempuan 62 tahun ini juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi Majalah Forbes tahun 2008 serta wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.

Pada 2019, Sri Mulyani kembali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan FinanceAsia. Penghargaan ini diperoleh tiga tahun berturut-turut setelah sebelumnya diperoleh pada tahun 2017 dan 2018. 

Pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo, tepatnya pada 23 Oktober 2019, Sri Mulyani ditunjuk sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Maju.

Ini adalah jabatan Menteri Keuangan keempat kalinya bagi Sri Mulyani pada kabinet yang berbeda. Ia menjabat sebagai Menteri Keuangan untuk periode 2019-2024. Tahun ini, dia pun diminta kembali menjadi bendahara negara oleh Prabowo.

2. Meutya Hafid - Menteri Komunikasi dan Digital

Politikus Partai Golkar, Meutya Hafid, sekaligus calon menteri Prabowo saat menghadiri pelantikan di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Ahad, 20 Oktober 2024. Tempo/Annisa Febiola.

Anggota DPR-RI sejak 2010 ini akan menduduki salah satu kursi menteri di era Prabowo. Dia diundang oleh Prabowo pada Senin malam, 14 Oktober 2024. Meutya adalah mantan jurnalis di Metro TV dan pernah menjadi pembawa acara di beberapa program televisi. Dia lalu menekuni dunia politik dengan menjadi anggota DPR-RI pada 2010 sebagai perwakilan kader Golkar. Selanjutnya, pada 2019, Meutya menjabat sebagai Ketua Komisi I DPR.

"Salah satu PR-nya ke depan ialah memberantas Judi Online," ucap Meutya setelah pengumuman. 

3. Rini Widyantini - Menteri PAN dan Reformasi Birokasi

Sebelum menjadi Menteri PAN Reformasi Birokrasi Rini Widyantini menjabat sebagai 
Sekretaris Kementerian PANRB yang  fokus percepatan penguatan integrasi data agar pengambilan keputusan lebih cepat dan tepat sasaran.

Sebelumnya Rini menjabat sebagai Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana. Sementara jabatan Sekretaris Kementerian PANRB sebelumnya dijabat oleh Dwi Wahyu Atmaji yang kini menjabat sebagai Asesor SDM Aparatur Ahli Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Saat menjadi deputi, Rini juga menangani perihal Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kini sebagai Sekretaris Kementerian PANRB yang menaungi urusan internal, Rini ingin mengembangkan sistem digital dalam membangun kompetensi dan kapabilitas pegawai.

Misi yang akan dibawa Rini dengan jabatan ini adalah transformasi tata kelola di internal Kementerian PANRB. Rini ingin menciptakan transformasi internal yang membawa pegawai Kementerian PANRB lebih responsif. Dalam hal ini, seluruh pegawai Kementerian PANRB harus responsif dalam melayani masyarakat maupun pengambilan keputusan.

4. Widiyanti Putri Wardhana -  Menteri Pariwisata

Widiyanti Putri Wardhana. Foto: Instagram/@widi.wardhana.

Salah satu pendiri Teladan Group, Widiyanti Putri Wardhana, diisukan akan menduduki jabatan menteri di era Prabowo. Dia adalah tokoh yang menorehkan karier cemerlang di bidang bisnis dan filantropi dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di berbagai industri.

Kesuksesannya di dunia bisnis didorong oleh kepemimpinan dan visi strategisnya. Widiyanti juga aktif di berbagai organisasi sosial, termasuk sebagai Ketua Yayasan Teladan Utama, pengawas di Yayasan Kawula Madani, serta menjabat Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia dari tahun 2018 hingga 2024.

5. Arifah Choiri Fauzi  - Menteri PPPA 

Sekretaris Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama Arifah Choiri Fauzi usai menemui Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang bakal menjadi calon Menteri/Kepala Lembaga negara untuk pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. TEMPO/M Taufan Rengganis

Arifah diisukan akan menduduki salah satu kursi menteri di era kabinet Prabowo. Usai pertemuan di Kertanegara, Arifatul enggan mengungkapkan posisi yang akan diembannya di kabinet mendatang. Dia memilih menyerahkan kepada Presiden terpilih untuk menjelaskan ke publik. 

Arifah adalah Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (PP Muslimat NU). Dia juga aktif sebagai anggota Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (Infokom MUI).

Arifatul Choiri Fauzi pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Pilihan Editor: Fakta Menarik Didit Hediprasetyo, Tempuh Jalur Karier Berbeda dari Prabowo Subianto

ILONA ESTHERINA I NANDITO PUTRA I SUKMA KANTHI NURANI I NOVALI PANJI SAPUTRA | ANTARA | TEMPO.CO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."