Wakil Menteri Perempuan Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran, Isyana Bagoes Oka hingga Veronica Tan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Veronica Tan. Foto: Instagram/@veronicatan_official.

Veronica Tan. Foto: Instagram/@veronicatan_official.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto akan melantik anggota kabinetnya besok, Senin, 21 Oktober 2024. Pernyataan ini disampaikan oleh Prabowo setelah mengumumkan komposisi kabinet yang disebutnya Kabinet Merah Putih.

"Besok pagi saya akan lantik (menteri), pukul 10.00 WIB," kata Prabowo di Istana Merdeka Jakarta pada Ahad, 20 Oktober 2024. Mantan Menteri Pertahan ini mengatakan akan melantik wakil menteri siang harinya.

Prabowo mengumumkan tujuh kementerian koordinator dan 41 kementerian teknis untuk Kabinet Merah Putih. Asisten Pribadi Prabowo, Teddy Indrawijaya atau Mayor Teddy, didapuk menjadi Sekretaris Kabinet.  Selain menteri perempuan, di kabinet Merah Putih juga terdapat wakil menteri perempuan. 

Siapa saja mereka, berikut ulasannya.

1. Veronica Tan - Wakil Menteri PPA 

Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA/Aprillio Akbar

Mantan istri dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Veronica Tan menduduki kursi wakil menteri di era Prabowo sebagai Wakil Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak atau Menteri PPA. 

Ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu,  dia menyatakan siap untuk ditempatkan di kabinet Prabowo mendatang. “Bersama-sama kita membantu, ya, untuk masyarakat, ibu-ibu, anak-anak. Jadi saya bilang 'Iya, siap Pak!',” kata Veronica saat awak media menanyakan posisinya di Kabinet Prabowo dan materi yang dibahas saat bertemu Prabowo.

Veronica pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta. Dia juga sempat menjalankan usaha produksi alat PCR untuk mendeteksi COVID-19 yang bekerja sama dengan Kalgen Innolab. 

Veronica saat ini aktif dengan komunitasnya, LoveCare. LoveCare adalah aplikasi layanan kesehatan. Melalui LoveCare, masyarakat dapat memanfaatkan jasa perawat untuk orang sakit, lanjut usia, sampai anak berkebutuhan khusus pasca-perawatan di rumah sakit. Vero saat ini menjabat sebagai President Commisioner LoveCare.

2. Ribka Haluk - Wakil Menteri Dalam Negeri 

Gubernur Papua tengah Ribka Haluk tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA/Aprillio Akbar

Pejabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk mendampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai wakil menteri.  Ribka pernah menjabat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai Staf Ahli bidang Aparatur dan Kepentingan Publik. 

Dia terlibat dalam pengembangan kebijakan dan program untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memperkuat kapasitas aparatur pemerintahan. Setelah itu, karier Ribka mencapai puncaknya pada November 2022, ketika ia diangkat sebagai Pj Gubernur Papua Tengah. Dengan jabatan ini, Ribka menjadi perempuan pertama yang menduduki posisi tersebut di Tanah Papua.

3. Stella Christie - Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi

Guru Besar Tsinghua University China Prof. Stella Christie usai pembekalan tugas calon wakil menteri di kediaman calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/10/2024). ANTARA/M. Fikri Setiawan

Profesor dari Universitas Tsinghua Cina, Stella Christie, menjadi salah satu tokoh perempuan yang akan membantu Prabowo di bidang Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi Dia adalah peraih gelar sarjana di Harvard University dengan gelar Magna Cum Laude with Highest Honor, 2004. Dia lalu mendapat gelar pascasarjana dan doktoralnya di Northwestern University pada 2010.

4. Christina Ariyani - Wakil Menteri Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Politisi Golkar, Christina Aryani/Foto: Instagram/Christina Aryani

Politisi Golkar, Christina Aryani, menjabat sebagai Wakil Menteri Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Sebelum terjun penuh di dunia politik, Christina memiliki karier profesional sebagai penasihat hukum, dosen fakultas hukum, dan direktur eksekutif di berbagai perusahaan swasta.

Memiliki latar belakang pendidikan ekonomi dan hukum, saat ini Christina tengah menyelesaikan penelitiannya untuk memperoleh gelar Doktor Ilmu Hukum di Universitas Indonesia.  Awal kariernya sebagai manajer produksi di Strategic Communication Laboratories (SCL Elections), lembaga konsultasi penelitian perilaku dan intervensi dengan kantor pusat di London, Inggris. Dia lalu memutuskan bergabung dengan Partai Golkar pada 2006.

5. Dyah Roro Esti - Wakil Menteri Perdagangan 

Politikus Partai Golkar Dyah Roro Esti Widya Putri tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengundang sejumlah tokoh yang bakal menjadi Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Lembaga Negara. TEMPO/M Taufan Rengganis

Politisi Golkar, Dyah Roro Esti Widya Putri diminta membantu sebagai Wakil Menteri Perdagangan. Dyah Roro Esti Widya Putri atau yang biasa disapa Roro Esti adalah seorang politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari daerah pemilihan Jawa Timur X yang meliputi Kabupaten Gresik dan Lamongan sejak tahun 2019. 

Anggota Partai Golkar ini juga menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum Golkar dan anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dengan ruang lingkup tugas di bidang Energi, Riset dan Teknologi, serta Industri.

6. Diana Kusumastuti - Wakil Menteri PU 

Diana Kusumastuti. Foto: brantas-abipraya.co.id.

Diana Kusumastuti diminta mmbantu sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum. Sebelumnya pada 2019 Diana diangkat menjadi Direktur Bina Penataan Bangunan. Di tahun ini berbagai tugas penting ia laksanakan, seperti perencanaan Ibu Kota Negara (IKN) baru, lalu juga menyelesaikan tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yaitu di Kalimantan Barat (Entikong, Badau, dan Aruk), di NTT (Motaain, Motamassin, dan Wini), serta Skouw di Papua dengan desain terpadu, prinsip green building, dan mengedepankan unsur kearifan lokal.

Selain itu ia juga diberi tanggung jawab membangun venue-venue Asian Games di Jakarta dan Palembang, revitalisasi Stadion Manahan Solo, serta rehabilitasi bangunan cagar budaya seperti Masjid Istiqlal Jakarta, Pasar Johar Semarang, dan Pasar Atas Bukittinggi.

Usaha tak pernah mengkhianati hasil, kerja kerasnya berbuah manis. Berkat integritas, totalitas, dan kemampuannya merampungkan proyek-proyek strategis, Diana dinobatkan sebagai PPT Teladan (Pejabat Pimpinan Tinggi Teladan) pada ajang Anugerah ASN 2020 yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB.

7. Isyana Bagoes Oka - Wakil Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga

Politisi PSI Isyana Bagoes Oka tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengundang sejumlah tokoh yang bakal menjadi Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Lembaga Negara. TEMPO/M Taufan Rengganis

Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Isyana Bagoes Oka memenuhi undangan Prabowo ke kediamannya di Jalan Kertanegara pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Dia hadir bersama rombongan tamu undangan calon wakil menteri dan calon kepala badan lainnya, yakni Wakil Sekretaris TKN, Todotua Pasaribu; eks Wali Kota Bogor sekaligus Politikus PAN, Bima Arya; eks Staf Khusus Presiden, Aminuddin Ma'ruf; politikus Golkar, Christina Aryani; dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko.

8. Ni Luh Puspa - Wakil Menteri Pariwisata 

Sebelum terjun ke dunia jurnalistik, Ni Luh menempuh berbagai jenis pekerjaan untuk membantu keluarganya. Ketika menempuh sekolah menengah atas (SMA), Ni Luh sambil kerja sebagai asisten rumah tangga (ART). Ia memilih bekerja daripada mengambil beasiswa kuliah demi membantu sekolah adik. 

Selain ART, Ni Luh juga pernah menjadi sales keliling dan cleaning service. Kemudian, lanjut menabung hingga bisa kuliah dan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, bahkan sempat diejek karena sudah tua baru kuliah. Pada 2022, Ni Luh menjadi wartawati di Kompas TV.

Namanya makin dikenal karena berdedikasi dalam dunia jurnalistik dan kemampuan berbicara yang luar biasa. Bahkan, ia dipercaya untuk membawakan program dengan namanya sendiri, NI LUH, yang membahas berbagai isu sosial, politik, dan budaya. 

Pilihan Editor: Cara Veronica Tan Mendidik Anak-anaknya: Kontrol dari Belakang

DANIEL A. FADJRI | REZKI ALVIONITASARI | IKA UNDIP | TEMPO.CO | WIKIPEDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."