4 Tren Perjalanan Liburan Akhir Tahun: Destinasi Favorit hingga Pengalaman Otentik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Wisatawan berfoto di area Royal Kencana Mansion Yogyakarta. Dok.istimewa

Wisatawan berfoto di area Royal Kencana Mansion Yogyakarta. Dok.istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjelang musim liburan akhir tahun, Traveloka 10.10 Fest mengungkap beberapa tren perjalanan yang mencerminkan perilaku pelancong di Asia Tenggara dan Australia. Mulai dari lonjakan pemesanan awal, destinasi favorit, hingga akomodasi dengan pengalaman budaya otentik. 

President Traveloka, Caesar Indra mengatakan kampanye ini untuk memenuhi kebutuhan traveler yang terus berkembang saat merencanakan perjalanan dan menjelajahi petualangan baru. 

"Kampanye ini tidak hanya memberikan manfaat bagi traveler, tapi juga mendukung pemulihan dan pertumbuhan pariwisata di Asia Tenggara dan sekitarnya," ujar Caesar, dalam keterangan tertulis. 

Selain tingkat pemesanan yang kuat, berikut ini beberapa tren perjalanan akhir tahun dari 10.10 Travel Fest. 

1. Lonjakan Early Booking untuk penerbangan internasional

Pemesanan lebih awal atau early booking meningkat hampir 60 persen. Para pelancong sudah memesan tiket pesawat internasional lebih dari 30 hari sebelumnya.

Tren ini menunjukkan semakin banyak traveler lebih memilih merencanakan perjalanan jauh-jauh hari untuk mendapatkan penawaran terbaik. Terlebih dengan penawaran terbatas, mendorong traveler untuk segera mengamankan rencana mereka, agar perjalanan menjadi lebih lancar dan terjangkau.

2. Destinasi Favorit Wisatawan Indonesia

Jepang, Hong Kong, Korea Selatan, Singapura, Thailand, dan Malaysia, masih menjadi destinasi pilihan utama traveler. Sedangkan untuk tujuan domestik, Bali, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan menjadi pilihan populer berkat pemandangan alam, budaya, dan kuliner yang menarik perhatian.

Hal ini menunjukkan preferensi traveler yang beragam dalam menikmati pengalaman perjalanan, mulai dari suasana kota yang semarak hingga liburan santai di pantai.

3. Antusiasme Liburan di Kapal Pesiar Meningkat

Kapal pesiar kini menjadi pilihan yang sangat menarik untuk merayakan tahun baru. Ini karena liburan di kapal pesiar memberikan pengalaman unik bagi traveler untuk menjelajahi berbagai destinasi sambil menikmati kenyamanan dan keseruan hidup di atas laut.

Wisatawan menunjukkan minat yang semakin besar terhadap pengalaman perjalanan yang unik dan lengkap, seperti liburan kapal pesiar. 

4. Akomodasi dengan Pengalaman Budaya yang Otentik

Kini semakin banyak traveler Asia Tenggara yang mencari penginapan dengan pengalaman budaya otentik. Seperti Ryokan, penginapan dengan pesona tradisional Jepang, mengalami peningkatan minat pencarian sebesar 101 persen.

Lalu, boat accommodations, yang memungkinkan traveler melihat sudut pandang baru dari destinasi pilihannya, mengalami peningkatan pencarian hingga 52 persen. Penginapan khas Maroko, Riad, juga mengalami pertumbuhan pencarian sebesar 63 persen. 

Pilihan Editor: Tahun 2025, Kapal Pesiar Ini Berlayar Khusus Wisatawan Perempuan

YUNIA PRATIWI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."