Seni Wayang Kulit jadi Inspirasi Affania Fariza untuk Koleksi Brand Fashion VAIA

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
VAIA, brand fashion-lifestyle menghadirkan koleksi terbarunya yang bertajuk Translucent Tales/Foto: Doc. Vaia

VAIA, brand fashion-lifestyle menghadirkan koleksi terbarunya yang bertajuk Translucent Tales/Foto: Doc. Vaia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - VAIA, brand fashion dan lifestyle yang telah menjadi ikon dalam memadukan kecantikan dengan kenyamanan, telah memukau penonton di Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025. Pada 9 Oktober 2024, VAIA mempersembahkan koleksi terbarunya yang bertajuk 'Translucent Tales,' sebuah koleksi yang terinspirasi dari seni wayang kulit yang dirancang khusus untuk merayakan Hari Batik.

Fanie Balqis, Founder dan Creative Director VAIA, membagikan cerita di balik persiapan koleksi ini yang penuh makna. Menurut Fanie, 'Translucent Tales' bukan hanya koleksi biasa, tetapi merupakan sebuah karya yang mencerminkan perpaduan antara tradisi dan inovasi. 

"Persiapannya tidak hanya tentang desain dan produksi, tetapi juga tentang menghidupkan kisah-kisah yang telah lama ada dalam budaya kita. Seni wayang kulit menjadi inspirasi utama, di mana kami ingin menghadirkan keanggunan bayangan yang memproyeksikan kekuatan dan kelembutan perempuan," ujar Fanie melalui siaran pers, Senin, 21 Oktober 2024. 

VAIA, brand fashion-lifestyle menghadirkan koleksi terbarunya yang bertajuk Translucent Tales/Foto: Doc. Vaia

Fanie menjelaskan bahwa proses menciptakan koleksi ini memerlukan banyak eksperimen, terutama dalam penggunaan material transparan seperti organza, yang kemudian dikombinasikan dengan bordir tangan dan motif khas Indonesia. "Kami berusaha menghadirkan teknik layering yang menciptakan ilusi visual artistik, seolah setiap pakaian memiliki ceritanya sendiri. Kami ingin menghadirkan kesan bahwa busana ini bukan hanya pakaian, tetapi sebuah cerita yang hidup," tambahnya.

Tidak hanya itu, Fanie juga membagikan bagaimana pihaknya selalu berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam setiap koleksi yang dihadirkan. "Melalui 'Translucent Tales', kami merayakan kekuatan dan keberanian perempuan Indonesia. Koleksi ini mewakili perempuan yang kuat, anggun, dan berkelas, dengan tetap memegang teguh nilai-nilai budaya tradisional," ungkapnya.

Persiapan menuju panggung JMFW 2025 ini menjadi momen yang penuh tantangan dan saat tampil di hari H sangat memuaskan bagi Fanie dan tim VAIA. Dengan detail yang diperhatikan secara cermat dan inspirasi mendalam dari budaya Indonesia, VAIA berharap koleksi ini bisa menjadi pengingat bahwa tradisi dan modernitas dapat berjalan beriringan.

VAIA, sejak berdiri, telah dikenal karena kemampuannya dalam menggabungkan estetika dengan kenyamanan, serta komitmen untuk memberdayakan perempuan. Di JMFW 2025 ini, Fanie Balqis dan VAIA siap membuktikan bahwa mereka bukan hanya brand fashion biasa, tetapi juga perwujudan dari warisan budaya yang kaya dan inovasi kontemporer.

Pilihan Editor: Gandeng Olivia Lazuardy, Brand Fashion Lokal Claude Rilis Koleksi Denim dan Knit

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."