A to Z Laser Skin Tightening: Definisi, Manfaat, Prosedur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Mengenal Perawatan Kulit Wajah dengan Teknologi Laser Rejuvenation. Depositphotos

Mengenal Perawatan Kulit Wajah dengan Teknologi Laser Rejuvenation. Depositphotos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan kecantikan atau Beauty kali ini, kita mengulik laser pengencangan kulit atau laser skin tightening. Ini merupakan prosedur non-bedah dan invasif minimal untuk mengencangkan kulit di wajah dan tubuh, menurut dokter kulit Azadeh Shirazi.

"Laser menggunakan kekuatan cahaya, sedangkan teknologi lain menggunakan frekuensi radio atau ultrasonik untuk meningkatkan suhu kulit. Proses pemanasan ini merangsang produksi alami kolagen dan elastin, protein vital yang bertanggung jawab atas kekencangan dan elastisitas. Hasilnya warna kulit yang diremajakan dan lebih kencang," ucap dokter Shirazi dikutip dari laman Byrdie.

Menurut dia, efek langsung perawatan ini adalah panas yang merupakan kontraksi serat kolagen, dan efek jangka panjang pembentukan kolagen baru dan kulit mengencang serta meningkatkan tekstur.

Manfaat Laser Skin Tightening

1. Produksi kolagen baru

Kolagen memberikan dukungan struktural untuk jaringan ikat. Garis-garis halus dan kerutan akan lebih memudar seiring dengan dorongan kolagen alami dari perawatan laser.

2. Minimal waktu pemulihan (downtime)

Laser pengencangan kulit menggunakan kekuatan cahaya untuk meremajakan kulit, sedangkan prosedur lain dapat menggunakan bahan kimia spesifik seperti pada kulit kimia, ultrasound, atau teknologi frekuensi radio, menurut dokter Shirazi.

3. Hasil tampak langsung

Ahli bedah plastik bersertifikat Kaveh Alizadeh mencatat bahwa laser skin tightening memberikan hasil paling langsung dengan cara yang dapat diprediksi dibandingkan dengan prosedur lain seperti botox.

Menurut dokter Alizadeh, penting untuk memahami bahwa tidak semua laser skin tightening adalah sama. Ini adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan semua jenis manajemen kulit estetika.

"Yang penting adalah memiliki pengaturan dan suhu yang tepat sesuai kedalaman dan jumlah energi yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal," ucap dokter Alizadeh.

Sebelum Perawatan Laser Skin Tightening

Langkah pertama adalah konsultasi sebelum menjalani prosedur. Selama janji temu ini, dokter kulit bersertifikat Ellen Marmur mengatakan perlu ada percakapan tentang tujuan kulit spesifik kamu dan penyedia kesehatan harus membagikan apa yang diperlukan perawatan serta cara mengurangi risiko.

Jika kamu dan dokter telah memutuskan bahwa laser pengencangan kulit adalah perawatan yang tepat, penting untuk mempersiapkan kulit dengan benar untuk hasil terbaik. Ini biasanya dimulai dengan rejimen perawatan kulit yang disediakan oleh dokter, yang memungkinkan kulit pulih dengan cepat.

"Hindari tanning atau paparan sinar matahari berlebihan dan gunakan tabir surya spektrum luas setiap hari selama empat minggu sebelum perawatan," ucap dokter Shirzai. Dan hindari prosedur kulit wajah yang dalam selama empat minggu sebelum perawatan seperti chemical peel dan dermabrasi.

Prosedur Laser Skin Tightening

1. Persiapan Kulit

Langkah pertama pada hari prosedur laser skin tightening adalah persiapan kulit untuk perawatan fisik.

"Wajahmu akan dibersihkan secara menyeluruh," ucap dokter Shirazi. "Kamu juga akan diminta memakai perisai mata atau kacamata khusus untuk melindungi matamu dari balok laser," tambahnya.

Para ahli juga mencatat bahwa kamu akan memiliki opsi untuk menggunakan krim mati rasa topikal, anestesi injeksi, atau obat penghilang rasa sakit untuk menambah kenyamanan selama perawatan.

2. Laser

Setelah mengidentifikasi area perawatan spesifik penyedia kesehatan akan melanjutkan perawatan.

"Energi cahaya laser ini akan menghasilkan kerusakan terkontrol pada epidermis atau lapisan kulit yang ditargetkan. Pada saat yang sama, itu juga akan memanaskan dermis atau lapisan dalam kulit, mempromosikan produksi kolagen dan terus meningkatkan warna kulit dan tekstur bahkan bertahun -tahun setelah perawatan," ucapnya.

3. Penerapan produk

Jika kamu menjalani laser pengencangan kulit ablatif, salep tebal akan diterapkan ke lokasi perawatan, dan itu perlu digunakan selama pemulihan saat kulit baru muncul. "Seringkali ada produk spesifik yang digunakan saat kulit sembuh selama seminggu," ucap dokter Shirazi.

4. Pemulihan

Usai perawatan, kamu akan ditransfer ke area pemulihan terpisah di mana pakar perawatan laser akan memeriksa kembali kamu untuk mengevaluasi area yang dilaser. Setelah itu, kamu akan disarankan untuk beristirahat di rumah dan dijadwalkan untuk janji temu selanjutnya.

Setelah Perawatan Lase Skin Tightening

Seperti banyak prosedur dan perawatan, langkah pemulihan adalah yang paling penting untuk melihat hasil utama dan menjaga kulit aman serta sehat. Selama periode pemulihan setelah perawatan laser skin tightening, kamu mungkin disarankan untuk:

1. Membersihkan wajah secara menyeluruh dengan sabun yang lembut dan air yang lembut.

2. Konsumsi pereda nyeri atau gunakan kompres dingin.

3. Tidak menggunakan makeup atau produk perawatan kulit apa pun yang dapat mengiritasi kulit selama beberapa waktu.

4. Hindari paparan sinar matahari berlebihan. Pastikan untuk menutupi area yang dilaser dan memakai tabir surya spektrum luas.

5. Hindari berenang, berolahraga, dan sauna.

Dokter Shirazi mengatakan wajar jika kamu merasa sedikit gatal atau menyengat di area perawatan laer skin tightening lantaran itu bagian dari pemulihan.

 "Setelah kulit telah sembuh dan dokter memberi izin, kamu dapat melanjutkan rutinitas kecantikan seperti sebelumnya. Ketika kulit sepenuhnya sembuh, kamu akan mulai memperhatikan peningkatan yang signifikan dalam kualitas kulit secara keseluruhan," ujarnya.

Hasil akhir dari pengetatan laser skin tightening akan terlihat maksimal tiga bulan setelah perawatan dan bertahan selama bertahun-tahun dengan perawatan kulit yang tepat.

Pilihan Editor: Perawatan Kulit Wajah dengan Laser, Atasi Hiperpigmentasi dan Cegah Penuaan Dini

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."