Manfaat Tea Tree Oil yang Ampuh Mengobati Jerawat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi jerawat (Freepik)

Ilustrasi jerawat (Freepik)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minyak pohon teh atau tea tree oil menawarkan manfaat yang kuat untuk kulit Anda, termasuk mengobati jerawat, mengendalikan minyak, melawan infeksi jamur, menenangkan iritasi, dan bertindak sebagai antiseptik alami. Manfaat tea tree oil didukung oleh penelitian ilmiah dan penggunaan praktis, menjadikannya tambahan yang serbaguna untuk rutinitas perawatan kulit.

Manfaat minyak pohon teh untuk kulit

Minyak pohon teh, yang berasal dari daun tanaman Melaleuca alternifolia, adalah antibakteri, antijamur, dan antiradang yang kuat. Pertama kali digunakan oleh penduduk asli Australia untuk tujuan medis, minyak pohon teh dengan cepat menyebar ke seluruh dunia untuk mengatasi berbagai masalah kulit dengan cara yang sepenuhnya alami. 

Berikut adalah manfaat utama mengoleskan tea tree oil pada kulit kamu berdasarkan bukti ilmiah dan praktis yang relevan.

1. Bermanfaat mengobati jerawat

Minyak pohon teh bisa dibilang paling terkenal digunakan untuk mengobati jerawat. Prinsip produk ini adalah membunuh bakteri penyebab jerawat. Bakteri ini disebut Propionibacterium acnes. Minyak pohon teh juga menunjukkan sifat antiradang yang meminimalkan kemerahan dan pembengkakan yang terkait dengan lesi jerawat.

Oleskan minyak pohon teh encer, yang dicampur dengan rasio 1:10 dalam minyak pembawa, seperti minyak jojoba atau minyak kelapa, pada kapas ke area yang terkena. Pastikan untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu untuk memastikan Anda tidak mengalami reaksi negatif terhadapnya. Aplikasi yang konsisten akan mengurangi munculnya jerawat dan kulit yang lebih bersih seiring berjalannya waktu.

Sementara penelitian juga membuktikan bahwa minyak pohon teh sama kuatnya dengan benzoil peroksida, obat jerawat yang populer, tetapi dengan efek samping yang lebih dapat ditoleransi seperti kekeringan dan iritasi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Medis Australia menunjukkan bahwa gel minyak pohon teh 5% cukup efektif untuk mengurangi lesi jerawat setelah 12 minggu penggunaan. 

2. Bermanfaat untuk Kulit Berminyak

Semua khasiat minyak pohon teh ini sebenarnya mengendalikan produksi minyak berlebih yang biasanya mendahului perkembangan jerawat. Sebagai astringen, minyak ini mengurangi minyak tetapi tidak menyerap kelembapan dari kulit.

Untuk mengoleskan minyak pohon teh pada kulit berminyak, kamu  dapat menambahkan beberapa tetes ke pelembap harian Anda, atau membuat masker wajah buatan sendiri yang sederhana. Campurkan minyak dengan tanah liat—baik bentonit atau kaolin menggunakan sedikit air untuk membentuk pasta. Oleskan pasta ini pada wajah lalu bilas 10-15 menit kemudian untuk menyedot semua minyak berlebih, sehingga Anda merasakan kulit yang segar.

Ada penelitian yang menyatakan bahwa minyak pohon teh mengendalikan sekresi sebum. Penelitian dalam Journal of Dermatological Treatment ini menggambarkan bagaimana minyak ini dapat menjadi astringen dari bahan alami; karenanya, minyak ini mungkin lebih cocok untuk mereka yang jenis kulitnya dianggap berminyak.

3. Melawan infeksi jamur

Minyak pohon teh melawan beberapa infeksi yang disebabkan oleh jamur. Di antaranya adalah infeksi seperti kutu air, jamur kuku, dan kurap. Khasiat antijamurnya menjadikannya alternatif sebagai pengganti penggunaan antijamur buatan.

Pilihan Editor: Manfaat Tea Tree Oil untuk Wajah, Cegah Kulit Kering dan Kusam

TIMES OF INDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."