6 Manfaat Menggunakan Minyak Kelapa Saat Cuaca Dingin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi minyak kelapa untuk  Bioavtur. antaranews.com

Ilustrasi minyak kelapa untuk Bioavtur. antaranews.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minyak kelapa punya banyak manfaat bagi tubuh kita. Bahan alami ini juga baik digunakan setiap hari saat cuaca dingin karena dapat menghidrasi kembali dan menghilangkan kelembapan alami tubuh, menyediakan nutrisi yang luar biasa, dan bahkan membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

Selain itu, minyak kelapa telah digunakan selama ribuan tahun dan sangat serbaguna sehingga dapat digunakan pada kulit, rambut, bibir, gigi, dan dalam banyak cara berbeda. Minyak kelapa dapat menggantikan beberapa produk dan pelembap yang biasa kamu pakai setiap hari, lho!

Saat suhu musim dingin yang ekstrem mulai menimbulkan masalah pada kulit, inilah saat yang tepat untuk memastikan kamu memiliki minyak kelapa. Belum lagi, aromanya seperti musim panas, yang cukup untuk membuat siapa pun merasa senang. Berikut adalah 6 manfaat dan alasan menggunakan minyak kelapa saat cuaca dingin agar kamu memperoleh manfaat luar biasa yang ditawarkannya.

1. Kulit terhidrasi dan sehat

Cuaca dingin dapat membuat kulitmu kering dan gatal. Jika kamu menderita kulit kering saat cuaca dingin, minyak kelapa dapat jadi solusi untuk mengatasi kulit kering.

Saat kamu mengoleskan minyak kelapa, minyaknya akan meresap secara mendalam ke dalam kulit dan tidak hanya menempel di permukaan kulit seperti kebanyakan losion lainnya, tanpa membuatmu merasa berminyak atau berlendir.

Penghalang pelindung yang ditinggalkannya pada kulitmu menjauhkan diri dari kerusakan lingkungan dan kerusakan lainnya serta membantu mengatasi kulit mengelupas dan kering yang dapat dikaitkan dengan eksim, psoriasis, dan dermatitis.

Tidak peduli kapan pun saat ini, kamu selalu ingin melakukan apa pun yang kamu bisa untuk menjaga kulitmu agar tampak awet muda, bukan? Antioksidan dalam minyak kelapa membantu memulihkan kulit dari kerusakan masa lalu dan melindungi dari keretakan atau kerutan.

2. Menjaga bibir tetap lembap

Cuaca dingin bisa menyebabkan bibir pecah-pecah yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri. Banyak pelembap bibir yang membuat kamu merasa perlu terus-menerus mengoleskannya lebih banyak lagi.

Hal ini tidak berlaku pada minyak kelapa; minyak ini menghidrasi dan memberikan lapisan pelindung bagi bibir sehingga menjaga kelembapan agar tetap terkunci guna melindungi dari suhu dingin yang keras.

3. Menenangkan kaki kering dan pecah-pecah

Kaki kita juga bisa menjadi kering dan pecah-pecah karena cuaca dingin. Memijat kaki dengan minyak kelapa dapat membantu menjaga kelembapannya dan sangat cocok dilakukan sebelum tidur malam.

Kenakan kaus kaki setelah kamu mengoleskan minyak kelapa dan kenakan saat kamu tidur untuk mengunci kelembapannya. Asam lemak (seperti asam laurat) berfungsi sebagai agen antimikroba dan disinfektan yang membantu kulit untuk pijatan terbaik.

4. Sebagai kondisioner rambut 

Saat cuaca dingin, rambut bisa menjadi kering dan rapuh karena suhu dingin dan angin. Minyak kelapa di cuaca dingin dapat mengembalikan kelembapan rambut, menguatkannya, dan membuatnya terasa sehat dan lembut .

Kamu bisa memilih melakukan perawatan semalaman yang dapat membantumu mendapatkan rambut lembut dan halus atau jika kamu berjuang melawan rambut kusut selama bulan-bulan musim dingin. Gosokkan sedikit pada rambutmu untuk mencegah rambut kusut.

Banyak orang merasa kulit kepala mereka menjadi kering dan gatal di musim dingin dan sifat antibakteri minyak kelapa dapat membantu mengatasi hal itu, menjaga rambutmu tetap sehat dan bebas ketombe!

5. Menjaga kuku dan kutikula tetap sehat

Jika kamu menggunakan tanganmu terus-menerus dan dengan pekerjaan sehari-hari serta kondisi lingkungan yang keras, terutama di bulan-bulan yang dingin, kuku dan kutikula dapat rusak. Kutikula mudah kering dan pecah-pecah, tapi jika kamu menjaganya tetap lembap, hal itu dapat membantu.

Mengoleskan minyak kelapa pada kutikula setiap hari dapat menjaga kelembapannya, yang berperan penting dalam membantumu memiliki kuku yang lebih berkilau, kuat, dan sehat. Menjaga kelembapan kuku juga akan membantu mencegah timbulnya bintil kuku yang menyakitkan akibat kuku kering dan retak.

6. Gunakan untuk mendapatkan hasil cukuran sempurna

Saat cuaca dingin dan kulit Anda kering, bercukur dapat memperparah kekeringan tersebut. Karena minyak kelapa sudah sangat baik untuk tubuhmu, oleskan minyak kelapa ke kulit sebagai pengganti krim cukur untuk mendapatkan pelembap terbaik.

Kamu akan menemukan bahwa pisau cukur akan meluncur dengan mudah di atas minyak dan kulitmu akan menjadi sangat lembut dan lembap sepanjang hari tanpa harus mengoleskan aftershave atau pelembap setelah bercukur.

Nah, Sahabat Cantika, itu dia 6 manfaat dan cara terbaik menggunakan minyak kelapa saat cuaca dingin. Semoga informasi ini dapat membantu, ya!

Pilihan Editor: Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Wajah, Bisa Jadi Sunscreen Bahan Alami

KAPULUAN COCONUT

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."