5 Tips Mengendalikan Kebiasaan Belanja Online agar Tak Berlebihan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi belanja online. Shutterstock.com

Ilustrasi belanja online. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang kini menyukai belanja online karena praktis dan bisa dilakukan kapan saja. Kegiatan ini kini jadi aktivitas kebanyakan masyarakat saat ini.

Namun kemudahan ini ternyata memiliki dampak negatif, karena bisa menyebabkan ketagihan yang merugikan. Bagaimana cara mengendalikan diri agar tak ketagihan belanja online berlebihan? Yuk simak tips berikut ini!

1. Memahami Penyebab

Dikutip dari Allencarr, belanja online biasanya dipicu oleh emosi tertentu, seperti stres, kebosanan, kesepian, bahkan bahagia. Namun, bisa juga karena didorong oleh situs web, notifikasi, dan iklan. Coba untuk mengenali situasi atau perasaan yang mendorong untuk berbelanja.

Buat daftar identifikasi pemicu besar keinginan belanja tersebut. Misalnya, kalau faktor pendorongnya stres, maka diusahakan mencari solusi seperti berbincang dengan teman, berjalan-jalan, membaca, atau olahraga. 

2. Menyusun Anggaran Bulanan

Cara efektif berikutnya untuk mencegah ketagihan belanja online menyusun anggaran bulanan. Tulis anggaran dan patuhi.

Setelah menulisnya, anggaran berfungsi sebagai pengingat tentang bagaimana cara melunasi utang belanja online. Anggaran ini juga mendukung tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.

3. Menetapkan Batas Pengeluaran Belanja

Sebaiknya pengelolaan keuangan diperketat untuk membatasi keinginan, sehingga produk yang dibeli hanya yang sesuai kebutuhan. Jika sudah memahami kebutuhan, maka atur batasan pengeluaran.

Segala keinginan yang tidak ada dalam rencana kebutuhan sebaiknya dihindari. Dengan memiliki gambaran jelas tentang keuangan, maka akan lebih mampu mengendalikan pengeluaran dan mencegah ketagihan belanja online.

4. Merenung

Sempatkan waktu untuk merenung dan memahami segala yang membuat diri merugi. Jika muncul dorongan untuk belanja online di luar kebutuhan, maka bisa dicegah dengan aktivitas lainnya, yang tak menguras keuangan, misalnya olahraga.

Merenung memberi kesempatan pada diri mengetahui konsekuensi finansial jika berlebihan pengeluaran untuk belanja online.

5. Menonaktifkan Notifikasi

Jika merasa kesulitan mengendalikan diri dengan beberapa cara, salah satunya coba untuk unsubscribe atau mematikan notifikasi aplikasi belanja. Dengan mengurangi paparan terhadap penawaran, sedikitnya akan mengurangi dorongan untuk berbelanja.

Nah, Sahabat Cantika, itu dia 5 tips mengendalikan kebiasaan belanja online. Mulai dari mengatur anggaran, hingga mematikan notifikasi. Semoga informasi ini membantu, ya!

Pilihan Editor: 5 Tips Belanja Online agar Tidak Boncos

KAKAK INDRA PURNAMA | MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."