Kesan Pertama Gen Z Nonton Jakarta Fashion Week 2025, Intip juga Gaya Busananya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Eldia, penonton salah satu fashion show dalam rangkaian Jakarta Fashion Week 2025 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, pada Selasa, 22 Otober 2024. Foto: Cantika/Zhahira Reka Fordania

Eldia, penonton salah satu fashion show dalam rangkaian Jakarta Fashion Week 2025 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, pada Selasa, 22 Otober 2024. Foto: Cantika/Zhahira Reka Fordania

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pekan mode bergengsi se-Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week 2025 telah sukses diselenggarakan. Selama sepekan, dari Senin 21 Oktober 2024 hingga Minggu 27 Oktober 2024, sekitar 120 deseiner memamerkan karya teranyar mereka. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, gelaran ke-17 ini ramai penonton dari berbagai kalangan usia, termasuk generasi Z.

Nah, di hari kedua Jakarta Fashion Week atau JFW 2025, Cantika berkesempatan menjumpai beberapa gen Z yang kali pertama menonton pergelaran busana 3Mongkis, Haidee & Orlin, dan This Is April.

Eldia asal Jakarta mengaku ini kali pertama dia menonton JFW. Kesan pertama dia menghadiri pekan mode ini seru, bersemangat, dan menyenangkan karena memberikan inspirasi baru dalam berbusana.

“Tadi seru banget pastinya banyak koleski-koleksi baru juga ditampilkan dari Haidee & Orlin, 3Mongkis, dan juga pastinya This is April. Dan hari ini aku nonton This is April dan koleksi koleksi barunya itu beda banget sama yang sebelumnya. Koleksi sebelumnya mungkin banyak yang netral, tapi kali ini lebih colorful (berwarna) dan jadi fresh (segar),” ucapnya kepada Cantika pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Dia juga menyebut gaya busana jenama mode lain juga bagus dan lucu, dengan banyak muse dan model terkenal. “Brand-brand lain juga gayanya gen Z dan sangat lucu-lucu sekali,” ucapnya.

Dari segi busana atau outfit, Eldia bergaya chic netral yang terdiri dari vest dan celana berpinggang tinggi atau high waist dan palazzo. Dia juga melengkapi penampilannya dengan tas bertali panjang. Rambut panjangnya digerai dan ditata bergelombang. Eldia mengaku membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk keseluruhan penampilannya.

Sama seperti Eldia, Dini asal Jakarta Barat juga perdana menginjakkan kaki di JFW 2025. “Aku kebetulan nonton fashion show dari awal sampai akhir, tadi aku ngeliat brand-brand 3Mongkis, Haidee & Orlin, dan juga This Is April. Dan menurut aku koleksinya keren-keren banget setiap brand punya ciri khasnya masing-masing," kata Dini.

Dini, penonton salah satu fashion show di Jakarta Fashion Week 2025 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, pada Selasa, 22 Oktober 2024. Foto: Cantika/Zhahira Reka Fordania

Untuk tampilan outfit, Dini bergaya monokrom hitam-putih. Selain memakai blazer hitam, Dini juga mengenakan celana panjang bahan putih serta jilbab pashmina. Dini menghabiskan waktu dua setengah jam untuk mempersiapkan penampilannya sebelum datang ke JFW 2025.

Terakhir, ada Rani yang juga tinggal di Jakarta Barat seperti Dini. Kali pertama menjadi bagian dari penonton JFW 2025, Rani mengaku banyak terinspirasi setelah menonton fashion show.

Rani, penonton salah satu fashion show dalam Jakarta Fashion Week 2025 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, pada Selasa 22 Oktober 2024. Foto: CANTIKA/Zhahira Reka Firdania

“Kalau aku ngerasanya terinspirasi sih, soalnya dari konsepnya, terus dari koleksi-koleksinya emang bagus-bagus gitu. Tadi aku liat 3Mongkis, This Is April, dan Haidee & Orlin,” ucapnya. 

Rani tampil bergaya smart casual dalam balutan blazer oversize warna coklat, kemeja biru, dan celana oversize gelap. Dia juga memakai jilbab warna coklat.

Jakarta Fashion Week cocok bagi generasi Z untuk mengekspresikan gaya mereka di dunia mode, juga kehadiran jenama lokal yang kreatif juga menambah variasi dan pilihan berbusana yang mencerminkan kepribadian mereka masing-masing.

Pilihan Editor: Terinspirasi Novel, Karya Ini jadi Pemenang Lomba Perancang Aksesori JFW 2025


ZHAHIRA REKA FIRDANIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."