Cara Menutupi Melasma dengan Makeup agar Terlihat Natural

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi melasma. Foto : vstory

Ilustrasi melasma. Foto : vstory

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMengaplikasikan riasan atau makeup adalah seni yang membutuhkan latihan dan pengetahuan tentang produk serta jenis kulit. Jika kamu memiliki melasma atau hiperpigmentasi lainnya, mencapai hasil riasan yang sempurna, bisa menjadi tantangan. 

Meskipun setiap orang memiliki ketidaksempurnaan dan tidak perlu menutupi semuanya jika tidak mau, banyak yang ingin memiliki dasar wajah yang lebih merata. Jika kamu ingin menutupi melasma, berikut tips dari penata rias alias makeup artist.

Apa Itu Melasma?

Melasma adalah kondisi kulit yang biasanya muncul di wajah. Ini merupakan bentuk hiperpigmentasi yang menyebabkan bercak-bercak lebih gelap dari warna kulit alami. Kondisi ini lebih umum terjadi pada perempuan, terutama mereka yang memiliki kulit berwarna lebih gelap. 

Melasma ditandai dengan bercak-bercak yang dapat berwarna cokelat, cokelat keabu-abuan, atau abu-abu kebiruan. Meskipun lebih sering terjadi di wajah, melasma juga bisa berkembang di area tubuh lainnya.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Melasma sering terjadi pada perempuan selama kehamilan atau setelah mulai menggunakan pil kontrasepsi. Paparan sinar matahari juga diketahui dapat memperburuk melasma, dan beberapa orang melaporkan penurunan bercak-bercak tersebut selama musim dingin.

Ada beberapa cara untuk mengobati melasma. Solusi topikal meliputi penggunaan hidrokuinon, tretinoin, dan kortikosteroid. Selain itu, beberapa prosedur seperti pengelupasan kimia, microneedling, frekuensi radio, dan terapi laser juga bisa dilakukan.

Cara Menutupi Melasma dengan Makeup agar Tampil Natural

Langkah 1: Persiapkan Kulit

Menurut penata rias selebriti, Marco Antonio, untuk mendapatkan dasar yang sempurna, persiapan kulit yang baik adalah kuncinya. Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide, vitamin C, dan asam alfa hidroksi berperan penting untuk membantu memudarkan hiperpigmentasi seiring waktu.

Mengaplikasikan tabir surya setiap hari juga direkomendasikan untuk mencegah dan mengurangi munculnya melasma.

“Mulailah dengan pembersih lembut yang sesuai dengan jenis kulit untuk menghilangkan kotoran, minyak, atau sisa riasan. Pertimbangkan untuk menggunakan eksfoliator ringan untuk mengangkat sel-sel kulit mati satu sampai dua kali dalam seminggu,” kata Antonio dikutip dari laman Byrdie.

“Setelah itu, aplikasikan toner untuk menyeimbangkan pH kulit, lalu tambahkan pelembap yang sesuai. Terakhir, oleskan tabir surya dan tunggu hingga meresap sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya," ucapnya.

Langkah 2: Gunakan Korektor Warna

Korektor warna bisa membantu menetralkan perubahan warna. Antonio merekomendasikan untuk menggunakan korektor warna persik atau oranye untuk mengatasi kegelapan. “Gunakan sedikit korektor pada bintik-bintik cokelat,” ucapnya. 

"Kamu bisa mengaplikasikannya langsung pada bintik-bintik tersebut, atau menggunakan kuas bersih atau ujung jari untuk aplikasi yang lebih tepat. Pastikan untuk membaurkan tepi korektor dengan lembut agar tidak meninggalkan garis yang kasar," katanya.

Dia menyarankan untuk menggunakan sedikit korektor pada bintik cokelat dan mengaplikasikannya dengan kuas bersih atau ujung jari, sambil membaurkan tepi dengan lembut untuk menghindari garis kasar.

Langkah 3: Lapisi Concealer dan Foundation

Antonio menyarankan untuk melapisi concealer dan foundation agar mendapatkan tingkat lapisan yang diinginkan tanpa terlihat terlalu berat, terutama di area yang ingin ditutupi.

“Gunakan spons atau kuas untuk mengaplikasikan concealer dan alas bedak secara merata. Menggunakan spons atau jari  bisa memberikan hasil akhir yang lebih alami,” katanya.

Antonio menyarankan untuk menggunakan spons atau kuas dalam mengaplikasikan concealer dan alas bedak secara merata. Ia juga menambahkan bahwa penggunaan spons atau jari dapat memberikan hasil akhir yang lebih alami.

DIa juga menekankan pentingnya menepuk produk dengan lembut ke kulit, bukan menggosok, agar koreksi warna tetap terjaga. Setelah itu, atur riasan dengan bedak tabur transparan agar tetap tahan lama sepanjang hari.

Itulah sederet tips menutupi melasma dengan makeup bergaya natural.

Pilihan Editor: Tips Korean Makeup Look ala Lisa Blackpink, Glitter Eyeshadow dan Lipstik Ombre

ZHAHIRA REKA FIRDANIA | BYRDIE


Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."