Catat Girls, Ini Tanda Produk Makeup Kedaluwarsa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bedak, bronzer, dan kuas makeup. Foto: Freepik.com

Ilustrasi bedak, bronzer, dan kuas makeup. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan kecantikan atau beauty kali ini, kita mengulik seputar produk makeup kedaluwarsa. Seperti kita ketahui menggunakan produk riasan atau makeup yang kedaluwarsa berbahaya untuk kesehatan kulit. Sebab sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

"Pertama, produk yang kadaluwarsa tidak akan seefektif apa yang kamu harapkan dari produk baru," jelas dokter kulit Brendan Camp. Konsitensi produk berbeda dan tidak optimal di kulit dikutip dari Byrdie.

Meskipun efek ini mungkin tampak sepele, degradasi kemanjuran suatu produk bisa berbahaya, terutama dalam kasus tabir surya, atau produk kosmetik yang mengandung Sun Protection Factor atau SPF. Bayangkan jika kamu memakai tabir surya kedaluwarsa sebulan lalu berarti tidak akan mendapatkan perlindungan matahari yang kamu harapkan.

"Selain itu, seiring waktu, susunan bahan kimia dari produk kedaluwarsa dapat berubah dan dapat menyebabkan reaksi kulit. Misalnya, dermatitis kontak dapat hadir dengan bercak merah, gatal, bersisik, dan bengkak pada kulit. Juga, bakteri dan mikroorganisme lainnya yang dapat mencemari produk, membuat kulit menjadi infeksi," ucap dokter Camp.

Cara Mengetahui Waktu Makeup Kedaluwarsa

Sebagian besar produk makeup memiliki ikon toples terbuka di suatu tempat di kemasannya. Ikon itu umumnya akan memiliki angka, diikuti oleh M (month atau bulan). Nomor ini mengacu pada jumlah waktu penggunaan dalam bulan setelah membuka suatu produk.

Dalam istilah industri, ini dikenal sebagai PAO, atau periode setelah pembukaan, yang ditentukan oleh studi stabilitas tentang produk terbuka.

Tanda-Tanda Produk Makeup Kedaluwarsa

Foundation Kedaluwarsa

Saat kedaluwarsa, bahan-bahan alas bedak atau foundation mulai terpisah seperti minyak. "Bahan-bahan minyak akan selalu naik ke atas, jadi, jika kamu terus menggunakannya, kamu mungkin menerapkan konsentrasi minyak di kulit wajah yang berpotensi memicu jerawat," ucap ahli estetika Renee Rouleau.

Oiya ingatlah, selalu kocok foundation sebelum menggunakannya, bahkan produk baru sekalipun.

Jika kamu tinggal di iklim lembap atau menyimpan foundation di kamar mandi, pastikan untuk memberi perhatian khusus pada tekstur foundation sebelum menerapkannya di kulit.

"Jika suatu produk terpapar terlalu banyak kelembapan, itu dapat mengubah konsistensi. Kelembapan juga menciptakan lingkungan yang memungkinkan pertumbuhan bakteri dan jamur," kata dokter kulit bersertifikat Brendan Camp.

Maskara Kedaluwarsa

Umumnya, waktu terbaik mengganti maskara setiap tiga bulan. Tapi bagiamana dengan orang-orang yang jarang memakai maskara untuk mengetahui tanda-tanda kedaluwarsa? Tanda maskara kedaluwarsa adalah mengeluarkan bau tidak sedap. Hal itu terjadi karena degradasi bahan atau kontaminasi.

Tanda lainnya maskara kedaluwarsa adalah tidak bertahan lama. "Kamu mungkin juga bisa tahu maskara kedaluwarsa dari ketahanan melapisi bulu mata. Jika tidak bertahan sepanjang hari, itu tanda lain kamu membutuhkan tabung maskara baru," ujarnya.

Cream Blush Kedaluwarsa

Jika kamu melihat konsistensi cream blush mengeras menjadi cakey, itu pertanda produk kedaluwarsa. Bila kamu memakainya, produk tersebut dapat mengiritasi kulit Anda, memperburuk rosacea, dan menyumbat pori-pori.

"Produk krim yang tidak ditutup dengan benar dapat mengering karena terpapar terlalu banyak udara. Hal ini dapat membuat tekstrunya menjadi cakey dan sulit diaplikasikan," ucapnya.

Menurut Rouleau, penggunaan produk krim dengan tangan hanya bisa bertahan selama setahun karena bakteri dapat berpindah dengan mudah. Hal itu bisa berisiko menambah lebih banyak bakteri ke kulit.

"Jika kamu mencelupkan jari ke dalam produk perawatan kulit, berarti kamu memperkenalkan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Dan, bahan -bahan pengawet yang biasanya mencegah [bakteri dan jamur] tumbuh, seiring waktu kemanjuran pengawet mungkin berkurang. Ini bisa menjadi faktor risiko untuk mengembangkan infeksi kulit," ucapnya.

Dan jika kamu menggunakan formula "alami" tanpa pengawet, umur simpannya berkurang sekitar enam bulan.

Lipstik Kedaluwarsa

Sebagai permulaan, kita perlu ingat kulit di bibir adalah yang paling tipis di tubuh dan rentan terhadap bakteri. Secara umum, lipstik memiliki umur simpan satu tahun. Waspadalah terhadap perubahan tekstur dalam hal produk bibir.

"Jika suatu produk bibir berubah warna, itu mungkin merupakan indikasi telah kedaluwarsa. Perubahan warna mungkin merupakan hasil dari kerusakan pigmen atau oksidasi produk setelah paparan udara berulang," kata dokter Camp.

Eyeliner Kedaluwarsa

Tanda eyeliner kedaluwarsa adalah mengering, intensitas warna menurun, dan tidak tahan lama. 

Secara umum, eyeliner cair bertahan selama tiga hingga enam bulan, sementara gel liner berakhir setelah enam bulan hingga 12 bulan. Eyeliner pensil memiliki daya tahan yang sedikit lebih banyak, umumnya kedaluwarsa setelah satu hingga dua tahun.

Jika kamu memakai eyeliner kedaluwarsa, berisiko alami kemerahan, iritasi, dan infeksi.

Pilihan Editor: Cari Tahu Makeup Items Andalan Laura Basuki dan Wulan Guritno

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."