Apa Tandanya Spray Sunscreen Bisa Melindungi Kulit Wajah dari Sinar UV?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memegang tabir surya. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi wanita memegang tabir surya. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSpray sunscreen yang mulai hits tahun 1990-an tetap menjadi andalan perlindungan matahari yang telah teruji dan terbukti, sebagian besar dipuji karena kemudahan penggunaannya dan pengaplikasiannya yang tidak berantakan. "Tabir surya semprot cepat dan mudah, bagus untuk dibawa bepergian, dan juga sangat berguna untuk menutupi area yang sulit dijangkau, seperti punggung dan bahu," jelas Marisa Gashick, MD, dokter kulit bersertifikat di New York.

Meskipun pengaplikasiannya mudah, spray sunscreen juga memerlukan sedikit lebih banyak waktu dan perhatian daripada yang Anda kira; mentalitas semprot-dan-pergi tidak benar-benar berlaku di sini. "Tabir surya semprot seperti mesin elips di pusat kebugaran. Anda harus berusaha keras untuk mendapatkan hasil yang berarti," kata Joshua Zeichner, MD, dokter kulit bersertifikat di New York City. 

Hal ini dapat menjadi masalah, karena, ketika orang tidak menggunakan formula ini dengan benar, mereka tidak mendapatkan tingkat perlindungan yang tertera pada label—tetapi mungkin memiliki kesan yang salah bahwa mereka mendapatkannya, imbuhnya.

Jadi, bagaimana Anda memastikan bahwa Anda benar-benar mengaplikasikan tabir surya dengan cara yang benar agar terlindungi dari sinar UV? Berikut ini adalah pendapat dokter kulit:

1. Pegang wadah dengan erat

Benar-benar sangat dekat. Wadah harus berjarak sekitar satu inci dari kulit Anda saat Anda menyemprot, untuk memastikan bahwa semprotan tidak tertiup angin, kata Dr. Zeichner. Dalam berita terkait, Dr. Garshick mengatakan penting juga untuk menyemprot di area yang tidak berangin. Misalnya, menyemprot sendiri saat Anda berada di pantai mungkin bukan ide yang bagus.

2. Gunakan lebih banyak dari yang kamu kira

Mengepulkan sedikit saja tidak akan menghilangkan SPF. Sementara krim dan losion tabir surya dilengkapi dengan petunjuk visual yang membantu tentang seberapa banyak yang harus digunakan (misalnya, jumlah seukuran nikel untuk wajah dan leher Anda), lebih sulit untuk mengukur jumlahnya dengan semprotan. Saran Dr. Zeichner: "Semprotkan hingga kulit Anda berkilau."

3. Gosokkan

Ya, kamu tetap harus mengoleskan semprotan. Setelah kulit Anda berkilau, pastikan untuk mengoleskan semua semprotan tersebut, untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cakupan yang merata dan mengurangi risiko noda yang terlewat, kata Dr. Garshick. Dan, ingat, tabir surya apa pun—termasuk yang semprot—perlu dioleskan ulang setiap dua jam.

4. Jangan semprotkan langsung ke wajah 

Jika kamu menggunakan formula semprot di wajah kamu, "Yang terbaik adalah menyemprotkan tabir surya ke tangan lalu mengoleskannya ke wajah," kata Dr. Garshick. Ini meminimalkan kemungkinan terhirup, yang dapat berbahaya, dan/atau masuk ke mata Anda, yang dapat menyakitkan.

Tabir surya terbaik adalah yang akan kamu gunakan. Namun, jika itu adalah spray sunscreen pastikan untuk mengikuti saran di atas sehingga benar-benar dapat melakukan tugas perlindungannya.

Pilihan Editor: Cantika Review: Hemat Berkualitas dengan Body Lotion dan Sunscreen Larissa

REAL SIMPLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."