5 Dampak Buruk Stres Finansial Terhadap Kesehatan Fisik dan Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan stres/depresi. Shutterstock.com

Ilustrasi perempuan stres/depresi. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Stres finansial adalah situasi yang dipicu oleh peristiwa finansial atau ekonomi yang menyebabkan kecemasan atau rasa kekurangan. Biasanya stres finansial mencakup kerisauan tentang pengeluaran, utang, investasi, dan keuangan pribadi lainnya

Stres finansial dapat berdampak besar pada kesehatan emosional, fisik, dan mental seseorang. Jika seseorang berutang atau tidak dapat membantu mengelola keuangan mereka, hal itu dapat menciptakan stres dan ketegangan dalam hidup mereka. Tekanan stabilitas keuangan seringkali terasa luar biasa. Berikut beberapa dampak buruk stres finansial terhadap kesehatan fisik dan mental.

1. Meningkatkan rasa tidak aman

Stres finansial dapat menyebabkan rasa tidak aman dan menggerus harga diri. Hal itu mungkin membuat kamu merasa rendah diri. Entah seberapa banyak masalah keuangan, kamu tidak mudah terbuka ke teman atau keluarga untuk mendapatkan bantuan.

2. Meningkatkan kecemasan dan depresi

Jika seseorang tidak kuat secara finansial dan tidak dapat mengelola pengeluaran mereka dapat menyebabkan kecemasan serta depresi. Stres finansial dapat menempatkan seseorang di bawah banyak tekanan. Namun, seseorang perlu memiliki keyakinan dan mengingat bahwa tidak ada salahnya meminta bantuan, jika perlu, dari teman dekat dan keluarga dalam situasi seperti itu.

3. Overthinking

Jika seseorang tidak stabil secara finansial, dia akan terus-menerus menghitung biaya di kepala mereka dan terlalu memikirkan hasilnya. Mereka akan memaksa diri untuk memikirkan situasi terus-menerus alias overthinking. Hal itu dapat memengaruhi kesehatan mental dan membuat orang tersebut semakin stres.

4. Mengganggu tidur

Ketika seseorang berutang atau tidak dapat mengelola keuangan mereka, hal itu dapat menyebabkan stres, yang dapat mengganggu pola tidur mereka. Kurang tidur akan menghentikan seseorang dari kejernihan mental, memengaruhi suasana hati, dan memengaruhi kesehatan fisik serta mental dalam jangka panjang.

5. Sulit Konsentrasi

Stres finansial dapat memengaruhi kesehatan mental dengan menciptakan gangguan. Ketika kamu terus-menerus khawatir tentang status keuangan, kamu tidak dapat berkonsentrasi pada pekerjaan Anda. Hal itu mengurangi produktivitas dan fokus. Di mana pun kamu berada di tempat bekerja atau di rumah, pikiran akan selalu terganggu, yang dapat mempengaruhi kualitas hidup.

Pilihan Editor: Generasi Sandwich Perlu Siap Finansial dan Mental, Ini Keuntungan dan Kerugian Golongan Ini

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."