Bunga Jelitha Kenalkan Nilai Sayang Hewan pada Anak Sejak Dini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Bunga Jelita/Foto: Instagram/Bunga Jelita

Bunga Jelita/Foto: Instagram/Bunga Jelita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berawal dari Puteri Indonesia 2017, Bunga Jelitha Ibrani atau disapa Bunga Jelitha mulai terkoneksi dengan orang utan, salah satu satwa yang dilindungi di Indonesia. Awalnya, saat ia mengikuti kontes Miss Universe Indonesia 2018, terpikir ide untuk menampilkan National Costume dengan tema The Warrior Orang Utan berupa bayi orang utan yang mengandung pesan perlindungan. 

"Dari situ, aku mulai mengkonsep seperti apa tampilannya, karena aku ingin mempelajari lebih dalam soal orang utan, enggak cuma memakainya dalam event. Sehingga aku bisa menjelaskan kepada masyarakat lebih luas. Bahkan boneka itu punya nama, kami memanggilnya Hati," ucap Bunga kepada Cantika, Rabu, 9 Oktober 2024. 

Usai menggantung mahkota, Bunga pun mulai mengikuti rangkaian program Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation yang salah satunya ialah mengunjungi orang utan langsung di hutan Kalimantan Timur. "Saat itu jadi yang pertama kali aku ketemu orang utan, benar- benar love at the first sight. Begini ya, rasanya jatuh cinta sama orang utan," ucap Bunga yang mengaku merinding bisa berinteraksi langsung. 

Momen itu menjadi titik balik istri Syamsir Alam ini aktif mengkampanyekan pesan perlindungan orang utan, diskusi mengenai perusakan hutan dan lingkungan. "Aku juga pernah ikut kegiatan pelepasliaran orang utan ke habita mereka, tepatnya di Kalimantan Tengah.  Jujur aku deg-degan banget karena khawatir orang utan yang dilepas itu tidak langsung manjat ke pohon," ucap dia. 

Perempuan kelahiran 6 September 1991 ini masih merasakan perlindungan pada satwa liar termasuk masih kurang seiring dengan makin hilangnya habitat mereka tinggal dengan penebangan pohon, padahal orang utan punya kontribusi besar untuk menebar benih di hutan. 

"Paling terenyuh saat aku tahu ada anak orang utan yang kondisinya memprihatinkan, tubuhnya kurus kering dan dehidrasi," ucap Bunga yang ingin banyak orang membuka mata pada kondisi tersebut. 

Oleh sebab itu, Bunga memulainya dari diri sendiri, khususnya kepada anak-anak dia bahwa satwa yang ada di kebun binatang juga ada hewan yang dilindungi. "Misal kalau aku ke kebun binatang, lalu aku mengedukasi ke anak-anak dengan tidak berinteraksi foto-foto dan memberi makan kepada satwa yang dilindungi," ucapnya. 

Menurut Bunga dengan mengenalkan nilai sayang hewan sejak dini pada anak-anak akan tertanam lebih awal bagaimana mereka nantinya akan punya perhatian pada hewan. 

Sejak memiliki anak, Bunga pun memutuskan berhenti sementara dari aktivitas langsung ke lapangan, tetapi dia tetap menyebarkan via media sosial. "Aku kangen banget bisa ke hutan langsung, nanti kalau anak-anak sudah bisa ditinggal aku mau aktif lagi," harap Bunga. 

Pilihan Editor: Bunga Jelitha Melahirkan Anak Pertama, Nama Putrinya Akleema Regalo Zulaikha

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."