Cara Menteri dan Wakil Menteri Memaknai Hari Sumpah Pemuda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Sri Mulyani. Foto: Instagram/@smindrawati

Sri Mulyani. Foto: Instagram/@smindrawati

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaHari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober menandai ikrar pemuda Indonesia pada 1928 untuk bersatu dalam keberagaman. Di Hari Sumpah Pemuda tahun ini, sejumlah menteri dan wakil menteri perempuan di Kabinet Merah Putih membagikan pesan inspiratif untuk menandai hari bersejarah ini.

Mereka juga mengajak generasi muda untuk menggali potensi diri, bersatu dalam perbedaan, dan berkontribusi bagi bangsa. Berikut ini, ucapan inspiratif dari para menteri dan wakil menteri perempuan yang menekankan nilai-nilai persatuan, pemberdayaan, dan keadilan. 

1. Sri Mulyani Indrawati - Menteri Keuangan

Sri Mulyani Indrawati membagikan unggahan spesial untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dalam unggahannya, terdapat animasi yang menampilkan lima orang yang masing-masing membawa huruf “M-A-J-U” dan bendera merah putih.

Di antara mereka, terdapat tulisan “Memperingati Hari Sumpah Pemuda 2024” dan “Maju Bersama Indonesia Raya.” 

Di keterangan unggahan, Sri menulis isi sumpah pemuda disertai ajakan untuk maju bersama demi Indonesia raya yang adil, damai juga sejahtera.

2. Meutya Hafid - Menteri Komunikasi dan Digital

Meutya Hafid merayakan Hari Sumpah Pemuda dengan memimpin upacara di Kementerian yang dipimpinnya. Dalam unggahan di Instagram pribadinya, dia membagikan beberapa foto dia di atas panggung saat upacara peringatan 96 tahun Sumpah Pemuda.

Dia juga menyertakan caption khusus untuk memperingati hari bersejarah ini.

Sumpah Pemuda mengajarkan kita tentang persatuan. Di era digital, kita kuat saat bersatu dan saling mendukung," tulisnya.

"Pemerataan akses digital yang cepat adalah langkah menuju kesempatan yang setara. Dari Sabang sampai Merauke untuk menuju 'meaningful connectivity', konektifitas yang bermakna/bermanfaat," ucapnya.

Dia juga menyampaikan literasi dan pemerataan akses adalah dua di antara sederet pekerjaan rumah Kementerian Komunikasi dan Digital sesuai arahan Presiden Prabowo Subianto.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda. Pemuda-pemudi ada masukan lain untuk program prioritas kami?” tutupnya mengajak warganet berbagi usulan

3. Ribka Haluk - Wakil Menteri Dalam Negeri

Ribka Haluk membagikan gambar bernuansa merah putih dilengkapi tulisan, “Selamat Memperingati Hari SUMPAH PEMUDA 28 OKTOBER 1928 – 28 OKTOBER 2024   “Wujudkan Pemuda yang Maju, Mandiri, dan Profesional.”

Dalam unggahan tersebut, dia menyertakan foto diri mengenakan blazer hitam, kemeja putih, dan dasi merah, serta dilengkapi kacamata dan peci hitam. Tak lupa kacamata yang menjadi penampilan khasnya.

4. Isyana Bagoes Oka - Wakil Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga

Lewat akun Instagram Stories-nya, Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka atau Isyana Bagoes Oka membagikan momen spesial mengikuti upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda di kantor BKKBN Pusat, Jakarta Timur. Dalam acara tersebut, ia mengenakan seragam KORPRI yang serasi bersama anggota Aparatur Sipil Negara lainnya.

Usai upacara, Isyana lanjut rapat bersama Wihaji Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga bersama jajaran lainnya di kementerian di dalam suatu ruangan..

    5. Ni Luh Puspa - Wakil Menteri Pariwisata

      Mantan jurnalis, Ni Luh Puspa membagikan postingan khusus menandai Hari Sumpah Pemuda. Dalam unggahan tersebut, terdapat tulisan “SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA” dengan paduan warna merah dan krem. Dia juga menyertakan lagu ‘Bangun Pemudi Pemuda’ yang dinyanyikan oleh Tasya Sherin Azzahra dan Sosila Mega Septiani, menambah semarak suasana perayaan.

      28 Oktober 1928 menjadi hari yang bersejarah bagi perjuangan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Pada hari itu, para pemuda dari berbagai daerah dan latar belakang berkumpul untuk mnyatukan tekad dan bersumpah: satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa. Sumpah ini menjadi landasan perjalanan bangsa dan bukti bahwa kita dapat bersatu di tengah keberagaman," tulisnya.

      Menurut Ni Luh, sebagai generasi penerus bangsa, kita punya satu tugas yaitu melanjutkan semangat tersebut. "Mari kita terus berkarya, berkolaborasi, dan bergerak bersama untuk Indonesia yang lebih baik," ajaknya. "Selamat Hari Sumpah Pemuda! Merdeka!" tutupnya.   


      Selamat Hari Sumpah Pemuda untuk Kita Semua.



      Pilihan Editor: Hari Sumpah Pemuda, Ini Cara Ayu Maulida Maknai Arti Perjuangan


      ZHAHIRA REKA FIRDANIA | INSTAGRAM

      Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

      Iklan

      Berita Terkait

      Rekomendasi Artikel

      "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."